Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Teknik Penelitian HPT

TEKNIK PENELITIAN HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN

Mahasiswa peserta Kuliah Teknik Penelitian Hama dan Penyakit Tumbuhan semester genap tahun 2012/2013 silahkan mendaftar melalui gadget Mari Bergabung. Matakuliah akan diajarkan untuk menyusun skripsi. Bagi mahasiswa yang belum memprogramkan skripsi, silahkan persiapkan masalah penelitian untuk digunakan mempersiapkan penyusunan skripsi. Teknik penelitian akan didiskusikan untuk teknik penelitian yang akan digunakan oleh mahasiswa peserta kuliah. Silahkan persiapkan diri datang ke ruang kuliah UNTUK BERDISKUSI, bukan untuk datang, duduk, dan dengar. Segera periksa:

Tempat, Hari, dan jam Kuliah
Kamis, 08.00-09.40, Ruang C3


Perkuliahan dengan Dukungan Online
Kuliah diberikan dengan dukungan online mengingat sebagai mahasiswa universitas berwawasan global, mahasiswa perlu mampu menggunakan fasilitas pembelajaran dengan dukungan Internet. Mahasiswa dapat menghubungi dosen pengampu setiap saat menggunakan email dengan mengklik Hubungi Kami. Mahasiswa yang belum mempunyai alamat email sendiri, silahkan membuat akun Gmail (panduan). Mahasiswa yang telah mempunyai akun email bukan Gmail, harap selalu mengosongkan Mailbox/Inbox sehingga bisa menerima email dengan lampiran (attachment). Kirimkan tugas dan jawaban ujian sebagai lampiran (attachment), bukan dengan cara menempel (paste) dalam kotak pesan email (messages). Setelah membaca tayangan tulisan dalam blog, harap biasakan memberikan komentar di bawah setiap tulisan. Bila Anda mengalami kesulitan dalam berinteraksi secara online, silahkan menghubungi dosen pengampu dengan mengklik Hubungi kami untuk menyampaikan kesulitan yang dihadapi. Tidak ada alasan mahasiswa tidak mengirimkan tugas atau jawaban ujian hanya karena tidak bisa mengirimkan melalui email.

Tatacara Perkuliahan
Mahasiswa harus mengikuti kuliah minimal sebanyak 80% dari seluruh jumlah pertemuan tatap muka perkuliahan yang direncanakan berjumlah 12-14 kali pertemuan tatap muka. Mahasiswa yang mengikuti kuliah kurang dari 80% pertemuan tatap muka tidak akan memperoleh nilai akhir semester. Mahasiswa harus sudah berada di dalam ruang kuliah pada jam kuliah kuliah/praktikum yang telah ditetapkan.

Mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak akan diperkenankan mengikuti perkuliahan/praktikum.

Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menghubungi dosen melalui telepon maupun email (klik menu Hubungi Saya) untuk menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan perkuliahan. Untuk kepentingan mendaftar, mengirimkan tugas, laporan, atau jawaban ujian melalui email, mahasiswa harus membuat akun email dengan nama sebenarnya dan menyampaikan akun emailnya kepada dosen dengan mengklik menu Hubungi Saya dan menuliskan nama lengkap mahasiswa dalam kotak Name, alamat email dalam kotak Email Address, mendaftar dalam kotak Subject, dan menuliskan kembali nama email disertai dengan nama dosen PA dalam kotak Message.

Tatacara Ujian dan Penilaian
Ujian terdiri atas ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian praktikum. Ujian tengah semester dan akhir semester akan dilakukan dengan mengirimkan jawaban ujian melalui email. Mahasiswa yang tidak mengirimkan jawaban ujian atau yang terlambat mengirimkan jawaban dari tanggal yang telah ditentukan akan diberi nilai 0.

Nilai akhir semester terdiri atas nilai tugas, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester, laporan praktikum, dan ujian praktikum. Mahasiswa yang tidak menyampaikan tugas, tidak menyampaikan jawaban ujian, tidak menyampaikan laporan praktikum, atau tidak menyampaikan jawaban ujian praktikum akan diberi nilai 0.

Nilai akan diumumkan terlebih dahulu berupa nilai sementara. Mahasiswa akan diberikan waktu satu minggu untuk mengajukan keberatan melalui telepon atau email terhadap nilai sementara yang telah diumumkan. Pengajuan keberatan setelah batas waktu pengajuan keberatan tidak akan dilayani.

Penandatanganan Kesepakatan Perkuliahan
Mahasiswa harus menandatangani formulir Kesepakatan Perkuliahan sebelum mengikuti perkuliahan. Silahkan unduh formulis kesepakatan dari SINI, isi dan tandatangani, cetak dan serahkan kepada dosen pengasuh pada saat perkuliahan.

Ujian Semester
Ujian semester dilakukan dengan mengunduh soal dari halaman ini pada hari/tanggal ujian. Jawaban ujian dikumpulkan dengan mengunggah file dalam format PDF juga melalui halaman ini. Untuk membuat file dengan format PDF dari file dengan format DOCX, silahkan unduh Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS (gratis) dan pasang (instalasi file) pada komputer Anda. Selanjutnya simpan file jawaban yang sedang terbuka dengan mengklik File>Save as>PDF (pilih format PDF) dengan nama file: dpt_jwbujian_2012^2013^2_namamahasiswa (nama depan dan nama tengah disingkat, misal: mahasiswa dengan nama Betania Sukaria Nyontekia harus menympan file dengan nama dpt_jwbujian_2012^2013^2_bsnyontekia). Unduh Add-in dan pelajari cara membuat file PDF dan memberi nama file jawaban ujian mulai sekarang supaya tidak mengalami kesulitan pada saat ujian.

Hari/tanggal ujian: Rabu, 17 April 2013 mulai pukul 09.45 WITA.
Tenggat pengumpulan jawaban ujian: Kamis, 17 April 2013 pukul 09.45 WITA
Soal ujian: SILAHKAN UNDUH SEKARANG (akan aktif pada hari/tanggal ujian)

Mengunggah file jawaban:
Jawaban diunggah dengan cara drag and drop atau Select Files dan kemudian klik Start uploading files ke dalam folder MediaFire sebagai berikut:

Belum aktif, akan diaktifkan pada hari dan tanggal ujian. Terima kasih.

Kotak unggah file segera akan dinonaktifkan kembali setelah tenggat pengumpulan jawaban terlewati sehingga Anda tidak akan dapat memasukkan jawaban. Kunjungi blog ini setiap saat untuk memperoleh petunjuk lebih lanjut mengenai pelaksanaan ujian.

Dengan mengirimkan jawaban dalam bentuk file dan bukan dalam bentuk tercetak berarti Anda telah berpartisipasi mengurangi penggunaan kertas dan tinta. Dengan demikian Anda telah berpartisipasi mengurangi pembuangan sampah (pencemaran lingkungan hidup) dan penebangan pohon untuk membuat kertas (perusakan lingkungan hidup).


Matakuliah Teknik Penelitian Hama dan Penyakit Tumbuhan merupakan matakuliah yang diperlukan agar mahasiswa mampu melaksanakan penelitian dalam bidang tersebut dengan lebih baik. Materi yang akan disampaikan melalui matakuliah ini difokuskan untuk mengatasi berbagai kelemahan penelitian bidang hama dan penyakit tumbuhan sebagai berikut:
  1. Menemukan dan merumuskan permasalahan hama dan penyakit tumbuhan
  2. Mencari, mengumpulkan, merujuk, dan mengelola pustaka bidang hama dan penyakit tumbuhan 
  3. Pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi serta penyusunan deskripsi OPT
  4. Penentuan metode, teknik, dan rancangan penelitian bidang hama dan penyakit tumbuhan 
  5. Perancangan variabel penelitian  bidang hama dan penyakit tumbuhan: intensitas kerusakan oleh hama dan intensitas penyakit
  6. Penentuan dan penggunaan teknik pengumpulan data  bidang hama dan penyakit tumbuhan 
  7. Penentuan dan penggunaan teknik analisis data  bidang hama dan penyakit tumbuhan 
  8. Penyajian hasil penelitian:  Cara mencantumkan tabel dangambar
  9. Interpretasi hasil analisis data: sebenarnya apa yang dimaksud dengan berbeda nyata?
  10. Membahas, mensintesis, dan menyimpulkan hasil penelitian: mengapa tidak perlu disertai dengan dukung mendukung?

Refererensi:
  1. Penelitian Skripsi: Apa Bedanya dengan Praktikum?
  2. Menulis Bab Pendahuluan Proposal Penelitian Skripsi
  3. Skripsi mengenai hama dan penyakit, tetapi pendahuluan dan tinjauan pustaka mengenai tanaman
  4. Panduan Ringkas Aspek Teknis Penyusunan Proposal Penelityan dan Skripsi Bidang Perlindungan Tanaman
  5. Panduan Ringkas Penyusunan Bagian-bagian Proposal Penelitian dan Penyusunan Skripsi Bidang Perlindungan Tanaman
  6. Menulis Menjadi Lebih Mudah Bila Mampu Memanfaatkan Teknologi Informasi
  7. Mengakses Jurnal Ilmiah Online Gratis
  8. Program untuk Membaca Buku Elektronik
  9. Sumber Pustaka Online untuk Bidang Ilmu Pertanian dan Bidang Berkaitan Lainnya
  10. Ternyata Banyak Buku Teks Gratis
  11. Pereferensian: Mengutip dan Merujuk Bukan dengan Menyalin Isi Pustaka
  12. Program Komputer untuk Mendukung Penulisan Skripsi (dan Tulisan Ilmiah Lainnya)
  13. Sekali lagi Mengenai Pereferensian: Menggunakan Zotero untuk Melakukan Pereferensian secara Otomatis
  14. Dosen Pembimbing bukan Harus Mengajari Cara Mengetik
  15. Memanfaatkan Fitur Track Changes dalam Word untuk Mengomentari dan Menanggapi Komentar
  16. Mahasiswa Universitas Berwawasan Global Seharusnya Tahu Bagaimana Memasukkan Data ke dalam Excel
  17. Halo Mahasiswa Penyusun Skripsi, Periksa Nama Ilmiah yang Anda Gunakan dan Rujuk Sumber Primer
  18. Sekali lagi nama ilmiah: Bagaimana seharusnya memeriksa dan merujuk nama ilmiah? 
  19. Melakukan Identifikasi OPT dengan Menggunakan Fasilitas Internet
  20. Bagaimana Melarang Belalang Kembara Merayap dan Terbang Supaya Semua Petak dalam Satu Blok Benar-benar Homogen? 
  21. Gunakan Akal Sehat dalam Menghadapi Angka: Banyak Angka di Belakang Koma Tidak Selalu Berarti Lebih Teliti
  22. Apakah Data Hasil Percobaan Hanya Dapat Dianalisis Ragam?
  23. Hasil penelitian harus nyata secara statistika sebab kalau tidak berarti penelitian gagal?
  24. Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Berbeda Nyata dalam Analisis Statistika?
  25. Sekali lagi ANOVA: Mengapa Tidak Selalu Harus Menggunakan Analisis Ragam untuk Menganalisis Data?
  26. Uji Lanjut Salah Kaprah karena Statistika Dipelajari lebih sebagai Cara Berhitung daripada Cara Berpikir
  27. Uji Lanjut Data dari Percobaan Faktorial: Bukan terhadap Kombinasi Perlakuan
  28. Sekali Lagi Mengenai Uji Lanjut: Entah Mengapa Kesalahan Terus Saja Berlanjut
  29. Melakukan Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel 
  30. Membuat Kurva Hasil Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel
  31. Membuat Peta Jalan dan Lokasi dengan Google Earth
  32. Penyiapan dan Penyajian Foto untuk Keperluan Publikasi Ilmiah 
  33. Mencantumkan Gambar dalam Skripsi: Bukan Asal Gambar, Bukan Gambar Asal-asalan
Setiap mahasiswa peserta kuliah harus membaca setiap referensi dan menyampaikan komentar mengenai isi referensi pada kotak komentar di bawah setiap posting.

Tugas
TEKNIK PENELITIAN HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
URAIAN PROSEDUR PENGERJAAN TUGAS

Mahasiswa Perserta Kuliah: Alexander M. Roja

Mahasiswa peserta kuliah hanya satu orang dan tidak mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya: Jarang menghadiri perkuliahan dan tidak mengerjakan tugas. Uraian prosedur pengerjaan tugas ini sudah ditayangkan mulai awal Februari 2013, tetapi mahasiswa yang bersangkutan tidak mengerjakan tugas dan tidak menghubungi dosen pengampu mengenai pengerjaan tugas. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk mengerjakan tugas maka tanggal deadline pemasukan tugas ditunda menjadi sebagai tercantum pada uraian pelaksanaan tugas di bawah ini.

Tugas dikumpulkan dengan mengunggah file tugas dalam format PDF. Untuk membuat file dengan format PDF dari file dengan format DOCX, silahkan unduh Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS (gratis) dan pasang (instalasi file) pada komputer Anda. Selanjutnya simpan file jawaban yang sedang terbuka dengan mengklik File>Save as>PDF (pilih format PDF) dengan nama file: tphpt_tugasX_2012^2013^2_namamahasiswa, X menyatakan nomor urut tugas.  

Setelah file tugas tersimpan di komputer dalam format PDF, silahkan unggah dengancara drag and drop atau Select Files dan kemudian klik Start uploading files ke dalam folder MediaFire sebagai berikut:


Tugas 1: Pemeriksaan Nama Ilmiah dan Klasifikasi OPT (deadline: 28 Februari 2013, ditunda menjadi 24 April 2013)

Langkah-langkah Pelaksanaan:
  1. Baca dan komentari artikel Mahluk Hidup Begitu Beraneka Ragam, lalu Bagaimana Mempelajarinya dalam Perlindungan Tanaman?, What's in a name? Tapi Anda mempunyai nama, kita pun meberikan nama kepada organisme pengganggu tumbuhan, dan  Nama dan Klasifikasi Tumbuhan.
  2. Berikan komentar mengenai isi setiap artikel dan pelajaran apa yang diperoleh dari membaca artikel masing-masing
  3. Untuk memeriksa nama ilmiah OPT, kunjungi dan kenali situs: GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), Global Invasive Spesies (spesies invasif), Species Fungorum (khusus jamur), LPSN (khusus bakteri), ICTV (khusus virus)
  4. Untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi tanaman, kunjungi: GBIF Data Portal (seluruh jenis mahluk hidup), ITIS (seluruh jenis mahluk hidup, khususnya di Amerika), IBIS, IOPI Provisional Global Plant Checklist (tumbuhan berbunga), The Plant List (tumbuhan), Tropicos (tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae).
  5. Tentukan satu nama OPT dan satu nama tanaman sesuai dengan jenis OPT dan tanaman yang digunakan dalam penyusunan rencana penelitian.
  6. Masukkan nama ilmiah OPT/tanaman yang diperiksa pada situs pemeriksaan yang sesuai dengan mengetikkan dengan ejaan yang benar dalam kotak penelusuran yang disediakan lalu tekan Enter
  7. Catat nama ilmiah valid/diterima yang diberikan, seluruh nama sinonim yang disediakan, dan klasifikasi yang dicantumkan.
  8. Pelajari cara mencantumkan sumber yang dianjurkan oleh setiap situs pemeriksaan. Bila tidak tersedia anjuran,  catat nama situs (misalnya ITIS), URL situs (misalnya http://www.itis.org/), dan tanggal akses.
  9. Buat laporan yanw terdiri atas bagian pendahuluan, cara kerja, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan disertai dengan daftar pustaka maksimal sepanjang 5 halaman A4, huruf Times New Roman ukuran 12, jarak 1,5 spasi.

Tugas 2: Perujukan dan Pembuatan Daftar Pustaka dengan Menggunakan Program Zotero (deadline: 14 Maret 2013, ditunda menjadi 1 Mei 2013)

Langkah-langkah pelaksanaan:
  1. Unduh dan instalasi program peramban Mozilla Firefox termutakhir bila di komputer belum terdapat program peramban tersebut 
  2. Unduh dan instalasi program pengelolaan kepustakaan yang terdiri atas addon untuk Mozilla Firefox (Zotero for Firefox) dan program Zotero standalone (Zotero for Windows). Instalasi kedua program Zotero tersebut di komputer dengan terlebih dahulu menutup program peramban Mozilla Firefox dan program pengolah kata Word, bila kedua program tersebut sedang terbuka.
  3. Baca tulisan untuk mempelajari cara menggunakan Zotero: Sekali lagi Mengenai Pereferensian: Menggunakan Zotero untuk Melakukan Pereferensian secara Otomatis dan pelajari dokumentasi program tersebut untuk memperoleh penduan lebih rinci.
  4. Lakukan penelusuran di Google untuk mencari pustaka sesuai dengan proposal rencana penelitian skripsi yang sedang disusun, baik referensi mengenai OPT maupun referensi mengenai tanaman
  5. Pada saat melakukan penelusuran, klik menu Zotero yang terletak di bagian kanan bawah halaman peraman Firefox. Klik tautan di Google yang berkaitan dengan pustaka yang dicari dan setelah halaman terbuka, masukan pustaka ke dalam basis data Zotero dengan cara pemasukan otomatis.
  6. Cari tiga pustaka berupa buku dan masukkan informasi pustaka tiap-tiap buku ke dalam program Zotero dengan menggunakan Zotero for Windows.
  7. Buat satu alinea tulisan mengenai OPT disertai dengan rujukan yang perujukannya dilakukan dengan menggunakan Zotero, menggunakan minimal 5 pustaka.
  8. Buat satu alinea tulisan mengenai tanaman yang akan diteliti disertai dengan rujukan yang perujukannya dilakukan dengan menggunakan Zotero, menggunakan minimal 5 pustaka.
  9. Buat daftar pustaka secara otomatis dengan menggunakan Zotero
  10. Buat laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan, cara kerja, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan disertai dengan daftar pustaka maksimal sepanjang 5 halaman A4, huruf Times New Roman ukuran 12, jarak 1,5 spasi.

Tugas 3: Pemasukan Data, Analisis Regresi, dan Penyajian Data dalam Bentuk Grafik Perkembangan dengan Menggunakan Excel (deadline: 28 Maret 2013, ditunda menjadi 15 Mei 2013)

Langkah-langkah Pelaksanaan:
  1. Pelajari cara menggunakan program aplikasi tabel lajur Excal 2003, Excel 2007, atau Excel 2010 sesuai dengan versi yang terinstalasi pada komputer. Cari panduan di Google dengan mengetiikan 'panduan excel 2003 excel 2007, excel 2010' dan kemudian buka tautan yang dihasilkan untuk membaca atau mengunduh panduan
  2. Unduh data dari SINI dan masukkan data ke dalam program aplikasi Excel sesuai dengan format data asli
  3. Pelajari cara membuat grafik XY (XY Chart) dengan menggunakan program aplikasi Excel dengan mencari panduannya di Googole (ketikkan panduan membuat grafik XY chart Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010 di kotak penelusuran Google. Unduh dan pelajari panduan yang diperoleh dan kemudian buat grafik perkembangan penyakit dengan menggunakan fitur grafik XY Chart untuk perkembangan penyakit pada setiap kultivar kentang.
  4. Hitung Luas Daerah di bawah Kurva (LDBK) perkembangan penyakit untuk setiap kultivar dan ulangan. Unduh bahan ajar Epidemiologi Penyakit Tumbuhan: Dasar-Dasar Memahami Aspek Kuantitatif Epidemiologi Penyakit Tumbuhan untuk mempelajari kembali cara menghitung LDBK.
  5. Dengan asumsi bahwa percobaan dilakukan dalam rancangan acak kelompok, lakukan analisis ragam dan uji lanjut DMRT terhadap data LDBK. Lakukan analisis ragam dan uji lanjut dengan dengan menggunakan program aplikasi SPSS atau Minitab yang telah dipelajari melalui matakuliah Perancangan Percobaan.
  6. Ubah data persen menjadi data proporsi (PDIS) dengan cara membaginya dengan 100 untuk setiap kultivar kentang dan kemudian transformasikan data PDIS yang diperoleh dengan transformasi monit, logit, dan gompit dengan rumus logit=LOG(1/(1-PDIS)); logit=LOG(PDIS/(1-PDIS)), dan gompit=LOG(1/(LOG(1/PDIS))). Salin dan kemudian tempel hasil transformasi pada sheet terpisah untuk setiap jenis transformasi yang telah dilakukan.
  7. Baca: Melakukan Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel dan kemudian lakukan analisis regresi linier antara hasil transformasi monit (Y) dengan waktu (X). Simpulkan, dari hasil analisis regresi ini, mana transformasi yang paling sesuai untuk data. Unduh dan pelajari cara menginterprerasikan hasil analisis regresi: Dasar-Dasar Pemodelan dalam Mempelajari Epidemiologi Penyakit Tumbuhan
  8. Baca: Membuat Kurva Hasil Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel dan kemudian buat masing-masing satu kurva hasil analisis untuk transformasi monit, logit, dan gompit secara terpisah.
  9. Buat laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan, cara kerja, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan disertai dengan daftar pustaka maksimal sepanjang 5 halaman A4, huruf Times New Roman ukuran 12, jarak 1,5 spasi.
  10. Masukkan tabel data dan grafik hasil analisis ke dalam badan laporan. Tabel harus disertai dengan nomor tabel dan judul tabel di bagian atas tabel, grafik harus disertai dengan nomor gambar dan judul gambar di bagian bawah gambar.


Tugas 4: Pengambilan dan Penyuntingan Foto OPT (deadline: 11 April 2013, ditunda menjadi 22 Mei 2015)

Langkah-langkah Pelaksanaan:
  1. Siapkan kamera saku, penggaris, pisau, dan karet gelang.
  2. Carilah jenis tanaman atau gulma yang sedang berbunga di halaman kampus atau di halaman rumah sebagai obyek pemotretan.
  3. Sesudah menemukan obyek untuk dipotret, cobalah cari posisi terbaik untuk memotret bunga secara close up, lakukan pengambilan foto dengan perbesaran maksimum. Lakukan pengambilan foro beberapa kali sampai diperoleh hasil terbaik.
  4. Potong satu ranting yang cukup kuat, tancapkan pada posisi pengambilan foto yang sama, lalu ikat kamera pada ranting tersebut dengan menggunakan karet gelang. Bila mempunyai tripod, ganti penggunaan ranting sebagai penyangga kamera dengan menggunakan tripod.
  5. Dalam keadaan kamera telah terikat, atur pengambilan foto secara otomatis dengan modus self-portrait (mengambil foto diri sendiri), kemudian atur fokus dengan perbesaran maksimum sebelum memencet tombol pengambilan foto dan kemudian tunggu sampei kamera mengambil foto. Lakukan pengambilan foto dengan cara ini beberapa kali sampai diperoleh hasil terbaik.
  6. Ulangi langkah 3 dan 5 dengan meletakkan penggaris secara mendatar di bagian bawah bunga sedemikian sehingga dapat ditangkap kamera
  7. Masukkan file foto ke dalam komputer ke folder terpisah untuk foto yang diambil tanpa dan dengan penyangga dan untuk tiap-tiap kategori, pisahkan lagi dalam subfolder untuk foto yang diambil tanpa dan dengan penggaris.
  8. Ganti nama file sesuai dengan cara pengambilannya dan perkecil ukuran foto menjadi kurang lebih hanya 100 MB. Untuk mengubah nama file dan memperkecil ukuran foto, unduh dan instalasi program Faststone Photo Resizer. Gunakan program tersebut untuk mengubah nama file dan memperkecil ukuran file foto, lalu simpan hasilnya pada subfolder terpisah dari folder induknya (misalnya subfolder 'disunting')
  9. Unduh dan instalasi program PicPick untuk melakukan penyuntingan foto. Setelah program terinstalasi, gunakan program ini untuk membuka file foto yang pengambilannya tidak disertai dengan penggaris untuk membuat skala sebagai pengganti penggaris sebagai penunjuk ukuran obyek foto.
  10. Lakukan penambahan skala dengan merujuk pada tulisan: Mencantumkan Gambar dalam Skripsi: Bukan Asal Gambar, Bukan Gambar Asal-asalan dan Penyiapan dan Penyajian Foto untuk Keperluan Publikasi Ilmiah
  11. Bandingkan hasil foto yang diambil tanpa menggunakan penyangga dan yang diambil menggunakan penyangga dan antara yang menggunakan penggaris sebagai skala dan yang menggunakan garis yang dibuat dengan menggunakan program PickPic
  12. Buat laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan, cara kerja, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan disertai dengan daftar pustaka maksimal sepanjang 5 halaman A4, huruf Times New Roman ukuran 12, jarak 1,5 spasi.


Tugas 5: Pembuatan Peta Lokasi Penelitian Survei dengan Google Earth (deadline: 25 April 2012, ditunda menjadi 29 Mei 2013)

Langkah-langkah Pelaksanaan:
  1. Unduh program aplikasi citra dan pemetaan Google Earth versi mutakhir dan instalasi di komputer.
  2. Pelajari cara menggunakan program aplikasi ini dengan membaca:  Memetakan Lokasi Penelitian dengan Google Earth: Bagian 1 dari 3 Tulisan, Memetakan Lokasi Penelitian dengan Google Earth: Bagian 2 dari 3 Tulisan, dan Memetakan Lokasi Penelitian dengan Google Earth: Bagian 3 dari 3 Tulisan
  3. Tentukan satu kecamatan di Kabupaten Kupang sebagai lokasi penelitian dan cari peta batas administrasi kecamatan tersebut (usahakan memperoleh peta yang juga membuat batas desa dalam kecamatan tersebut). Pindai (scan) peta dan simpan hasilnya dalam format JPG atau JPEG.
  4. Buka program Google Earth, cari lokasi Indonesia dan Pulau Timor, perbesar sampai perbesaran sedang sehingga tampak jalan dan rumah dengan cukup jelas, lalu masukkan peta batas administrasi kecamatan dengan mengklik menu Add dan kemudian pilih Image Overlay. Pilih file JPG atau JPEG peta kecamatan dari komputer lalu impitkan batas alam pada peta (misalnya garis pantai, sungai) dengan batas alam yang sama pada Google Earth.
  5. Buat folder Lokasi Penelitian dengan memilih menu Add dan kemudian pilih Folder
  6. Pada folder Lokasi Penelitian, buat subfolder Batas Kecamatan dengan memilih menu Add dan kemudian pilih Folder, lalu digitasi garis batas kecamatan sehingga filenya tersimpan pada folder tersebut.
  7. Pada folder Lokasi Penelitian, buat subfolder Batas Desa dengan memilih menu Add dan kemudian pilih Folder, lalu digitasi garis batas desa sehingga filenya tersimpan pada folder tersebut.
  8. Pada folder Lokasi Penelitian, buat subfolder Desa Sampel dengan memilih menu Add dan kemudian pilih Folder.
  9. Tentukan tiga desa sebagai desa sampel, lalu cari lokasi pusat desa masing-masing. Setelah lokasi pusat desa ditemukan, pastikan folder Desa Sampel aktif, lalu klik menu Ass dan pilih Placemark, lalu tuliskan nama desa pada kotak Name, lalu geser tanda placemark sampai pada lokasi pusat desa. Lakukan langkah ini untuk setiap desa sampel.
  10. Pada folder Lokasi Penelitian, buat subfolder Rumah Tangga Sampel dengan memilih menu Add dan kemudian pilih Folder. Kemudian, pada subfolder Rumah Tangga Sampel buat tiga subfolder, masing-masing dengan nama desa sampel.
  11. Letakkan kursor pada subfolder nama desa sampel pertama, klik menu Add, lalu pilih Placemark untuk menentukan lokasi rumah tangga sampel yang pertama, tulisa Sample 1, pada kotak Name, dan pindahkan tanda placemark ke satu rumah yang tampak di desa tersebut. Ulangi langkah ini sampai diperoleh 5 rumah tangga sampel.
  12. Ulangi langkah 11 untuk desa sampel kedua dan keriga
  13. Simpan peta dalam format JPG atau JPEG dengan memilih menu Save lalu pilih Save image
  14. Klik folder Lokasi Penelitian, lalu simpan peta dalam format KML/KMZ dengan memilih menu Save lalu pilih Save image as
  15. Email peta KML/KMZ ke email dosen pengasuh matakuliah
  16. Buat laporan yang terdiri atas bagian pendahuluan, cara kerja, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan disertai dengan daftar pustaka maksimal sepanjang 5 halaman A4, huruf Times New Roman ukuran 12, jarak 1,5 spasi.
  17. Masukkan peta dalam format JPG/JPEG ke dalam badan laporan, sertakan nomor gambar dan judul gambar di bagian bawah peta.

Praktikum
TEKNIK PENELITIAN HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
URAIAN PROSEDUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Mahasiswa Perserta Kuliah: Alexander M. Roja

Mahasiswa peserta kuliah hanya satu orang dan tidak mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya: Jarang menghadiri perkuliahan dan tidak pernah mengakses blog matakuliah. Uraian prosedur prosedur pelaksanaan praktikum ini sudah ditayangkan mulai awal Februari 2013, tetapi mahasiswa yang bersangkutan tidak mengerjakan laporan praktikum dan tidak menghubungi dosen pengampu mengenai pengerjaan tugas. Untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang bersangkutan untuk mengumpulkan laporan praktikum maka tanggal deadline pemasukan tugas ditunda menjadi sebagai tercantum pada uraian pelaksanaan tugas di bawah ini.

Laporan praktikum dikumpulkan dengan mengunggah file tugas dalam format PDF. Untuk membuat file dengan format PDF dari file dengan format DOCX, silahkan unduh Microsoft Office Add-in: Microsoft Save as PDF or XPS (gratis) dan pasang (instalasi file) pada komputer Anda. Selanjutnya simpan file jawaban yang sedang terbuka dengan mengklik File>Save as>PDF (pilih format PDF) dengan nama file: tphpt_praktikumX_2012^2013^2_namamahasiswa, X menyatakan nomor urut praktikum.  

Setelah file tugas tersimpan di komputer dalam format PDF, silahkan unggah dengancara drag and drop atau Select Files dan kemudian klik Start uploading files ke dalam folder MediaFire sebagai berikut:



Praktikum 1: Penyusunan Bagian Pendahuluan Rencana Penelitian (deadline: 17 April 2013)

Langkah-langkah pelaksanaan:
  1. Baca tulisan: Panduan Ringkas Penyusunan Bagian-bagian Proposal Penelitian dan Penyusunan Skripsi Bidang Perlindungan Tanaman
  2. Unduh file dan pelajari Panduan Pengetikan, lalu lakukan pengesetan halaman Word sebelum melakukan pengetikan
  3. Baca: Menulis Bab Pendahuluan Proposal Penelitian Skripsi, sebelum memulai menulis
  4. Buat kerangka tulisan untuk menentukan topik tulisan alinea 1, alinea 2, alinea 3, dan seterusnya, untuk menyajikan latar belakang masalah, batasan masalah, dan rumusan masalah penelitian. 
  5. Latar belakang sedapat mungkin berkaitan dengan hama atau penyakit yang diteliti, bukan latar belakang mengenai tanaman atau kandungan gizi hasil tanaman. Masalah kemudian dibatasi dan dirumuskan masalah spesifik yang akan diteliti.
  6. Gunakan ragam tulisan argumentatif untuk merumuksan masalah penelitian. Ragam tulisan argumentatif memuat berbagai alternatif masalah san kemudian memilih satu masalah spesifik disertai dengan referensi yang diperlukan. 
  7. Gunakan program pengelolaan pustaka Zotero untuk mengumpulkan pustaka, melakukan perujukan, dan membuat daftar pustaka.
  8. Pikirkan kalimat transisi antar alinea sehingga alinea 1, alinea 2, alinea 3 dan seterusnya merupakan tulisan yang menjadi satu kesatuan (periksa Tugas 2: Perujukan dan Pembuatan Daftar Pustaka dengan Menggunakan Program Zotero, untuk melakukannya)
  9. Tidak perlu selalu menuliskan maka penelitian dengan judul "...", perlu dilakukan. Kalimat seperti ini merupakan kalimat klise yang menandakan penulisnya bukan merupakan orang yang kreatif.
  10. Rumuskan tujuan penelitian setelah diawali dengan kalimat, "Penelitian ini akan dilakukan dengan tujuan sebagai berikut: ...".
  11. Rumuskan kegunaan penelitian setelah diawali dengan kamimat, "Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai: ..." 
  12. Buat halaman judul yang memuat judul proposal penelitian, tulisan 'Proposal Penelitian Skripsi', nama dan NIM mahasiswa, nama fakultas, program studi dan minat, serta nama kota disertai dengan tahun.
  13. Judul harus mencerminkan masalah penelitian, ringkas, sedapat mungkin tidak menyertakan nama ilmiah dan tidak menggunakan kata-kata klise seperti 'pengaruh', 'studi', 'kajian', dan sejenisnya. Daripada menggunakan "Pengaruh Dosis Insektisida terhadap Kerusakan Tanaman Kubis oleh Hama Tritip", gunakan "Kerusakan Tanaman Kubis pada Penyemprotan Insektisida dengan Dosis yang Bervariasi terhadap Hama Tritip".
  14. Masukkan laporan praktikum dalam bentuk file maksimum 7 halaman A4, Times New Roman 12 point, 1,5 spasi, disertai dengan daftar seluruh pustaka yang dirujuk dalam gaya perujukan APA Edisi 5 secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero.


Praktikum 2: Penyusunan Bagian Tinjauan Pustaka Rencana Penelitian (deadline: 29 Mei 2013)

Langkah-langkah pelaksanaan:
  1. Penyusunan tinjauan pustaka dilakukan sebagai kelanjutan dari penyusunan bagian pendahuluan yang telah dilakukan dalam kegiatan Praktikum 1.
  2. Baca tulisan: Panduan Ringkas Penyusunan Bagian-bagian Proposal Penelitian dan Penyusunan Skripsi Bidang Perlindungan Tanaman
  3. Unduh file dan pelajari Panduan Pengetikan, lalu lakukan pengesetan halaman Word sebelum melakukan pengetikan
  4. Susun kerangka (outline) tinjauan pustaka, dimulai dengan topik penelitian dan kemudian dilanjutkan dengan deskripsi OPT dan deskripsi tanaman. Misalkan topik penelitian adalah analisis komunitas gulma pada perladangan tebas bakar maka kerangka tinjauan pustaka sebaiknya dimulai dengan bagian komunitas gulma, kemudian dilanjutkan dengan jenis gulma dan perladangan tebas bakar. Bagian komunitas gulma dapat dibagi lebih lanjut menjadi pengertian komunitas dan komunitas gulma, analisis komunitas gulma, dan seterusnya. Bagian jenis gulma juga dapat dibagi lebih lanjut menjadi sub-bagian, demikian juga dengan bagian perladangan tebas bakar.
  5. Cari pustaka dan lakukan perujukan dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero (periksa Tugas 2: Perujukan dan Pembuatan Daftar Pustaka dengan Menggunakan Program Zotero, untuk melakukannya).
  6. Untuk merujuk suatu pustaka, baca bagian yang akan dirujuk dengan seksama, pahami maksud bagian tersebut, dan kemudian buat kalimat sendiri yang isinya mencerminkan bagian pustaka yang dirujuk. Jangan pernah menyalin begitu saja setiap kata dalam kalimat yang terdapat dalam pustaka yang dirujuk sebab hal ini dikategorikan sebagai melakukan plagiat (penjiplakan).
  7. Lakukan perujukan dengan gaya APA Edisi 5 dengan cara mencantumkan sumber dalam kurung disertai dengan tahun dengan mencantumkan koma sebagai pemisah (misalnya Bove, 2009), mengintegrasikan sumber dalam kalimat [misalnya Menurut Bove (2009), tetapi bukan Menurut Bove (2009) mengatakan ..., karena ini merupakan kalimat rancu]. Perhatikan bahwa cara kedua hanya dilakukan untuk merujuk sumber primer berupa kesimpulan sebuah laporan penelitian, kesimpulan sebuah artikel jurnal, dan sejenisnya.
  8. Cantumkan nama ilmiah untuk setiap nama umum yang terdapat dalam tinjauan pustaka dan periksa validitas nama ilmiah tersebut pada situs-situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai (periksa: Pemeriksaan Nama Ilmiah dan Klasifikasi OPT dan Tanaman, untuk melakukan hal ini). Setiap nama ilmiah harus ditulis lengkap dengan disertai nama author (tumbuhan, jamur, bakteri) dan disertai nama author dan tahun (binatang) pada penulisan pertama kali. Pada penulisan selanjutnya nama genus dapat disingkat dan nama author dan tahun dapat tidak dituliskan.
  9. Untuk OPT dan tanaman yang menjadi obyek penelitian, sertakan nama ilmiah valid/diterima, nama sinonim dengan lengkap, dan klasifikasi dengan lengkap sebagaimana diperoleh dari situs-situs pemeriksaan nama ilmiah yang sesuai. Tuliskan klasifikasi dalam satu baris dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisah antar kelompok takson.
  10. Untuk mencantumkan tabel dan gambar dalam daftar pustaka, sertakan judul dan sumber tabel dan gambar yang dikutip. Judul tabel/gambar dibuat dimulai dengan kata 'Tabel' atau 'Gambar', diikuti dengan nomor urut, tanda baca titik, dan dilanjutkan dengan judul tabel/gambar. Judul tabel diletakkan di atas badan tabel, judul gambar di bawah badan gambar. Setiap tabel dan gambar harus dirujuk dengan mencantumkan kata 'Tabel' atau 'Gambar', disertai dengan nomor urut, misalnya '... sebagaimana disajikan pada Tabel 3'.
  11. Satuan yang digunakan harus merupakan satuan internasional (SI) yang disingkat sesuai dengan ketentuan yang berlaku (misalnya gram disingkat g tanpa titik, bukan gr atau g yang disertai dengan titik, hektar dituylis ha, bukan ha. atau Ha).
  12. Seluruh tanda baca harus ditulis menempel pada huruf terakhir kata yang diikutinya, bukan dipisahkan dengan spasi, misalnya 'tiap-tiap' bukan 'tiap - tiap', 'sebagai berikut:' bukan 'sebagai berikut :'
  13. Masukkan laporan praktikum dalam bentuk file maksimum 12 halaman A4, Times New Roman 12 point, 1,5 spasi, disertai dengan daftar seluruh pustaka yang disusun dalam gaya perujukan APA Edisi 5 secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero.


Praktikum 3: Penyusunan Bagian Metode Penelitian Rencana Penelitian  (deadline: akan ditentukan)

Langkah-langkah pelaksanaan:
  1. Baca tulisan: Penelitian Skripsi: Apa Bedanya dengan Praktikum?
  2. Tentukan metode penelitian yang akan digunakan, apakah metode percobaan (eksperimental) atau survei. Bila metode eksperimental, tentukan apakah merupakan percobaan laboratorium, percobaan rumah kaca, atau percobaan lapangan. Bila survei,  tentukan apakah survei wawancara rumah tangga, survei pengamatan lapangan, atau gabungan keduanya.
  3. Buat kerangka metode penelitian dengan mengacu pada metode penelitian yang akan digunakan. Untuk metode eksperimental, misalnya terdiri atas metode dan rancangan perlakuan, rancangan lingkungan (percobaan), rancangan pengamatan, prosedur pelaksanaan percobaan, dan rancangan analisis data. Untuk metode survei, misalnya terdiri atas metode dan rancangan jenis dan sumber data, rancangan penyampelan, rancangan peubah (variabel) penelitian, prosedur pelaksanaan penelitian, dan rancangan analisis data.
  4. Rancangan perlakuan berisi uraian mengenai perlakuan dan taraf perlakuan yang akan dicobakan. Misalnya, bila perlakuan adalah dosis insektisida, maka taraf perlakuan terdiri atas beberapa tingkatan dosis. Tingkatan dosis dapat diberi kode, misalnya D0 untuk dosis 0 mg/ha, tetapi perhatikan, kode hanya digunakan untuk memberikan label terhadap satuan percobaan pada saat pelaksanaan percobaan, sedangkan dalam tulisan harus selalu dirujuk angka dosisnya, bukan kodenya. Rancangan lingkungan berisi uraian mengenai jenis rancangan yang digunakan, misalnya rancangan acak kelompok, disertai dengan jumlah ulangan dan penjelasan mengenai mengapa rancangan tersebut dan jumlah ulangan yang dipilih (mengapa rancangan acak kelompok, mengapa 3 ulangan). Rancangan pengamatan memuat variabel yang akan diamati, cara dan waktu pengamatannya, alat yang digunakan untuk melakukan pengamatan, dan satuan hasil pengamatan.
  5. Rancangan jenis dan sumber data menguraikan jenis data yang akan digunakan (primer dan sekunder) dan sumbernya masing-masing. Rancangan penyampelan menguraikan jenis rancangan pengambilan sampel yang digunakan, misalnya rancangan penyampelan sistematik bertingkat, disertai dengan langkah-langkah pengambilan sampel, satuan sampel, dan ukuran sampel (jumlah satuan sampel) yang akan diambil. Rancangan peubah berisi uraian mengenai peubah yang akan diteliti, cara mengukur setiap peubah, alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran, dsb. Bila akan digunakan daftar pertanyaan, lampirkan daftar pertanyaan tersebut.
  6. Bila akan menggunakan gejala kerusakan oleh hama atau intensitas penyakit sebagai peubah (variabel) pengamatan, uraikan secara rinci bagaimana gejala akan diamati, bagian tanaman mana yang akan diamati, kapan dilakukan pengamatan, dsb. Demikian juga bila akan menggunakan morfologi hama atau morfologi patogen sebagai peubah, uraikan secara rinci bagaimana morfologi akan diamati,  kapan dan di mana dilakukan pengamatan, alat apa yang digunakan, dsb. Bila diperlukan pengambilan spesimen untuk pengamatan di laboratorium, uraikan bagaimana cara pengumpulan dan penyimpanan spesimen, apakah merupakan spesimen hidup atau mati, cara pengawetan spesimen, dsb.
  7. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi penentuan lokasi dan waktu penelitian, penyiapan bahan dan alat penelitian, pengurusan perijinan, dan penyiapan hal-hal khusus seperti penyiapan media, pelaksanaan inokulasi, dsb.
  8. Rancangan analisis data memuat cara mennyiapkan data untuk analisis (mentabulasi dan memasukkan ke komputer), apakah diperlukan analisis pendahuluan seperti misalnya menghitung luas daerah di bawah kurva perkembangan (LDBK) sebagai peubah turunan, menghitung kejadian (insidensi) atau keparahan (severitas) penyakit, dsb. Uraian jenis analisis yang akan digunakan, apakah merupakan analisis deskriptif, analisis ragam disertai dengan uji lanjut, analisis regresi, dsb. Silahkan baca: Apakah Data Hasil Percobaan Hanya Dapat Dianalisis Ragam?, Hasil penelitian harus nyata secara statistika sebab kalau tidak berarti penelitian gagal?, Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Berbeda Nyata dalam Analisis Statistika?, Sekali lagi ANOVA: Mengapa Tidak Selalu Harus Menggunakan Analisis Ragam untuk Menganalisis Data?, Uji Lanjut Salah Kaprah karena Statistika Dipelajari lebih sebagai Cara Berhitung daripada Cara Berpikir, Uji Lanjut Data dari Percobaan Faktorial: Bukan terhadap Kombinasi Perlakuan, Sekali Lagi Mengenai Uji Lanjut: Entah Mengapa Kesalahan Terus Saja Berlanjut, dan Melakukan Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel
  9. Lakukan perujukan pustaka dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero (periksa Tugas 2: Perujukan dan Pembuatan Daftar Pustaka dengan Menggunakan Program Zotero, untuk melakukannya). 
  10. Masukkan laporan praktikum dalam bentuk file maksimum 10 halaman A4, Times New Roman 12 point, 1,5 spasi, disertai dengan daftar seluruh pustaka yang disusun dalam gaya perujukan APA Edisi 5 secara otomatis dengan menggunakan program pengelolaan pustaka Zotero. 
Jadwal Pengumpulan Laporan dan 
Panduan Praktikum

Setiap mahasiswa peserta kuliah matakuliah Teknik Penelitian HPT, baik yang teregistrasi maupun yang hanya sit in, harus mengerjakan laporan seluruh acara praktikum. Laporan praktikum harus dikumpulkan sesuai dengan jadwal pengumpulan sebagaimana di bawah ini:



Silahkan klik tautan untuk mengunduh panduan praktikum masing-masing. Acara praktikum yang belum tersdia tautannya berarti panduan praktikumnya sedang disiapkan. Panduan praktikum yang sedang disiapkan tersebut akan diunggah segera setelah selesai disusun.








Jadwal Pengumpulan dan Panduan Pengerjaan Tugas


Setiap peserta kuliah matakuliah Teknik Penelitian HPT, baik yang teregistrasi maupun yang sit in, harus mengerjakan seluruh tugas. Jadwal pengumpulan dan rambu-rambu pengerjaan tugas adalah sebagaimana disajikan berikut ini:


Tugas 1: Pengajuan, Pembatasan, dan Perumusan Masalah Penelitian
Tanggal pengumpulan: 15 Maret 2012


Buat latar belakang permasalahan penelitian hama ataun penyakit, bukan latar belakang penelitian agronomi. Latar belakang penelitian hama ataun penyakit harus dimulai dengan uraian mengenai hama atau penyakit yang akan diteliti, bukan uraian mengenai tanaman. Latar belakang disusun untuk mengajukan permasalahan penelitian mengenai hama atau penyakit tertentu pada tanaman tertentu. Selanjutnya batasi masalah penelitian dengan menjelaskan secara argumentatif mengenai aspek apa dari hama atau penyakit yang akan diteliti. Misalnya, untuk hama dan penyakit yang masih belum banyak diteliti di NTT, mungkin perlu dilakukan penelitian mengenai inventarisasi dan identifikasi. Setelah masalah penelitian dibatasi, rumuskan masalah penelitian dengan memberikan alasan terhadap pertanyaan mengapa penelitian tersebut perlu dilakukan dan terhadap pertanyaan apa yang dimaksud dengan masalah yang diajukan. Misalnya, bila telah dibatasi masalah identifikasi, jelaskan mengapa identifikasi perlu dilakukan dan apa yang dimasud dengan identifikasi.


Tugas 2: Penyusunan Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tanggal pengumpulan: 22 Maret 2012


Dalam banyak kasus, mahasiswa menuliskan tujuan dan manfaat penelitian begitu saja tanpa didahului dengan penjelasan. Untuk menyusun tujuan dan penelitian, berikan penjelasan seperlunya terlebih dahulu untuk mengaitkan tujuan dan manfaat yang akan disusun dengan masalah penelitian penelitian yang telah dirumuskan. Selanjutnya sebutkan tujuan dan manfaat dengan jelas. Tujuan berkaitan dengan hal-hal yang akan diperoleh sebagai jawaban terhadap permasalahan yang diajukan, sedangkan manfaat berkaitan;dengan hal-hal yang dapat dicapai setelah masalah penelitian dapat dipecahkan.


Tugas 3: Penyusunan Tinjauan Pustaka dan Cara Pereferensian
Tanggal pengumpulan: 29 Maret 2012


Tinjauan pustaka merupakan persiapan yang dilakukan oleh peneliti untuk menyusun metode penelitian dan membahas hasil penelitian. Kata 'tinjauan' dalam hal ini bermakna 'ulasan' karena dalam bahasa Inggris bagian ini lazim disebut Literature Review (review sebagai kata kerja bermakna mengulas dan sebagai kata benda abstrak bermakna ulasan). Karena merupakan ulasan maka tinjauan pustaka tidak dapat disusun dengan sekedar 'memindahkan' isi pustaka sumber dengan cara meng-copy dan mem-paste. Untuk menyusun Tinjauan Pustaka, mahasiswa terlebih dahulu harus memikirkan metode yang akan digunakan dan bagaimana hasil penelitian akan dibahas. Berdasarkan hasil pemikiran tersebut kemudian dibuat outline mengenai apa yang akan ditulis dalam Tinjauan Pustaka.


Tugas 4: Penyusunan Metode Penelitian: Eksperimental, Survei, dan Wawancara Mendalam
Tanggal pengumpulan: 12 April 2012
Sedang disiapkan


Tugas 5: Analisis Data dengan Menggunakan Excel: Analisis Ragam dan Analisis Korelasi/Regresi
Tanggal pengumpulan:  3 Mei 2012
Sedang disiapkan


UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012
Silahkan kerjakan soal berikut dan jawaban dikumpulkan selambat-lambatnya pada hari Jumat, 13 April 2012 pukul 10 WITA dengan melalui email ke: mudita.teach@gmail.com

1. Tulislah satu alinea terakhir rumusan masalah penelitian minimal sebanyak 350 kata disertai dengan minimak 5 pustaka sumber sesuai dengan judul rencana penelitian yang telah diajukan.

2. Buatlah deskripsi mengenai gejala dan tanda penyakit atau mengenai morfologi hama, sesuai dengan OPT yang diajukan dalam rencana penelitian, minimal sebanyak 450 kata disertai dengan minimal 7 pustaka sumber.

3. Buat rencangan  penelitian, apakah merupakan penelitian percobaan atau penelitian survei. Bila merupakan penelitian percobaan, uraikan secara rinci rancangan perlakuan, rancangan lingkungan, dan rancangan pengamatan yang akan dilakukan. Bila merupakan penelitian survei, uraikan secara rinci rancangan pengambilan sampel lokasi dan sampel pengamatan serta satuan sampel, ukuran sampel, dan waktu pengambilan sampel yang akan dilakukan. Buat uraian minimal dalam 250 kata disertrai dengan minimal 3 pustaka mengenai metode yang akan digunakan.

4. Buatlah daftar pustaka dari seluruh pustaka yang dirujuk pada soal No. 1, soal No. 2, dan soal No. 3 dengan gaya penulisan pustaka APA edisi 6. Pelajari contoh gaya penulisan pustaka APA edisi 6 dari: http://library.nmu.edu/guides/userguides/style_apa.htm

5. Tulis judul rencana penelitian dengan benar sesuai dengan rambu-rambu penulisan judul penelitian.

Jawaban diketik dengan jarak 1 spasi, rata kiri (bukan rata kiri dan kanan), huruf Arial ukuran 12, menggunakan kertas ukuran A4, tepi kiri 3,5 cm, atas 3,0 cm, kanan dan bawah 2,5 cm. Pelajari teknik pengetikan yang benar dari blog Sumberdaya Skripsi. Jawaban harus diberi sampul dengan judul UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN 2011/2012, matakuliah: TEKNIK PENELITIAN HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN, nama mahasiswa, NIM, nama dosen PA, nama PS dan jurusan, dan nama fakultas dan universitas. Sampul diemail sebagai halaman pertama dari file jawaban ujian (satu file attachment).



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites