Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 09 September 2012

Sekali lagi nama ilmiah: Bagaimana seharusnya memeriksa dan merujuk nama ilmiah?

Dalam penulisan ilmiah, seperti misalnya penulisan proposal penelitian skripsi dan penulisan skripsi, nama mahluk hidup perlu disertai dengan nama ilmiah. Bukan hanya itu, untuk mahluk hidup yang menjadi obyek penelitian juga perlu disertakan klasifikasinya. Misalnya, mahasiswa minat Perlindungan Tanaman yang meneliti penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh jamur Phytophthora parasitica var. nicotianae pada jeruk keprok Citrus nobilis perlu mencantumkan nama ilmiah dan klasifikasi penyebab penyakit dan nama ilmiah tanaman inang. Apa yang dilakukan selama ini dan bagaimana seharusnya hal itu dilakukan dengan benar, dan mudah?


Selama ini mahasiswa melakukannya dengan menggunakan sembarang buku teks sebagai rujukan, katakana misalnya buku-buku praktis yang diperuntukkan lebih bagi petani daripada bagi mahasiswa. Buku-buku semacam itu bukan jelek, bahkan banyak yang sangat bagus. Tetapi buku-buku semacam itu tentu saja tidak mempunyai otoritas dalam bidang taksonomi. Akibat dari penggunaan buku-buku semacam itu maka nama ilmiah jeruk keprok menjadi Citrus nobilis dan nama ilmiah penyebab busuk pangkal batang menjadi Phytophthora parasitica var. nicotianae. Karena buku-buku untuk kalangan petani tidak terlalu mementingkan akurasi nama ilmiah, hal ini tentu tidak terlalu merisaukan. Lain halnya proposal penelitian atau skripsi yang seyogianya mengharuskan penggunaan nama ilmiah mutakhir (current) dan sahih (valid), apalagi tesis, disertasi, dan orasi ilmiah atau orasi guru besar.

Lalu bagaimana seharusnya mahasiswa mencari rujukan nama ilmiah dan klasisikasi? Bayangkan bila Anda adalah mahasiswa biologi yang melakukan penelitian bidang taksonomi, misalkan penelitian untuk merevisi nama ilmiah, apa yang Anda lakukan? Dahulu Anda harus mencari referensi tercetak di berbagai perpustakaan terkemuka dan mengunjungi herbarium terkemuka dunia yang menyimpan spesimen nama ilmiah yang hendak Anda revisi. Sekarang, dengan adanya Internet, hal itu mungkin masih diperlukan, tetapi Anda dapat terlebih dahulu melakukannya melalui Internet. Dengan begitu Anda tidak perlu harus mengunjungi terlalu banyak perpustakaan dan herbarium karena melalui Internet Anda dapat memilih memeriksa nama ilmiah yang akan Anda revisi, mendaftar seluruh nama sinonim yang telah ada, dan memeriksa perpustakaan yang menyimpan publikasi dan herbarium yang menyimpan spesimen untuk nama ilmiah yang akan direvisi.

Sebagai mahasiswa pertanian, Anda tentu saja tidak melakukan penelitian sebagaimana halnya dalam penelitian taksonomi. Meskipun demikian, di jaman Internet sekarang ini, Anda seharusnya jangan hanya bisa menggunakan Facebook dan Twitter untuk ngerumpi. Anda seharusnya juga bisa memanfaatkan Internet untuk melakukan apa yang dilakukan oleh seorang peneliti taksonomi, minimal dalam menggunakan Internet untuk mencari rujukan nama ilmiah dan klasifikasi. Dengan demikian maka Anda tidak melakukan kesalahan yang tidak perlu terjadi, kesalahan kecil memang, tetapi menyedihkan dan memalukan. Membuang sedikit waktu untuk memeriksa nama ilmiah tidak akan menyebabkan Anda tertundan menyelesaikan skripsi. Lagi pula, menyelesaikan skripsi dalam waktu singkat belum tentu akan membuat semua orang kagum, lebih-lebih setelah membaca skripsi Anda yang ternyata memang boleh, tetapi tidak lebih dari sekedar untuk memperoleh gelar sarjana.

Salah satu situs web yang menyediakan layanan pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup dengan gratis dan terintegrasi untuk seluruh kerajaani mahluk hidup adalah Global Biodeversity Information Facility (GBIF). Ketik GBIF pada kotak pencarian Google maka Anda akan diarahkan pada Gbif.org: Home Page (http://www.gbif.org/) dan akses langsung ke layanan pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup GBIF Data Portal (http://data.gbif.org/welcome.htm). Klik langsung  GBIF Data Portal dan kemudian pada halaman yang tampil, klik pilihan Explore Species (http://data.gbif.org/species/) untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup yang menjadi obyek penelitian Anda. Untuk melakukan pemeriksaan, Anda dapat langsung mengetikkan nama ilmiah pada kotak penelusuran dengan tulisan Start new search di bagian kanan atas layar lalu tekan Enter. Anda juga dapat menelusuri dengan mengklik tanda + di depan setiap kategori takson kerajaan yang ditampilkan di bagian kiri layar. Cara kedua ini dapat dilakukan bila Anda sudah mempunyai informasi awal mengenai mahluk hidup dengan nama ilmiah yang Anda periksa.

Mari sekarang kita coba periksa nama ilmiah jeruk keprok Citrus nobilis, apakah memang merupakan nama mutakhir dan sahih. Ketik Citrus nobilis pada kotak pencarian dan tekan Enter, maka Anda akan diarahkan ke halaman yang memuat nama Citrus nobilis (en:King Orange). Untuk memeriksa, klik nama tersebut sehingga Anda akan diarahkan ke halaman Species: Citrus nobilis Lour., lalu periksa halaman tersebut secara teliti. Ternyata bahwa Citrus nobilis memang merupakan nama yang diterima, tetapi bukan untuk jeruk keprok yang dalam bahasa Inggris disebut mandarin, mandarin orange, atau tangerin, melainkan untuk King mandarin yang merupakan satu kultivar dari beberapa kultivar jeruk keprok. Lalu bagaimana mencari nama ilmiah jeruk Keprok yang benar?

Kita tahu bahwa nama umum jeruk keprok dalam Bahasa Inggris ntara lain adalah mandarin. Ketik nama umum tersebut pada kotak pencarian di tempat sebelumnya Anda mengetikkan Citrus nobilis. Hasilnya adalah halaman yang memuat nama ilmiah di bagian atas dan nama umum di bagian bawah. Periksa pada bagian nama umum, maka Anda akan memperoleh sekian banyak jenis mahluk hidup dengan nama umum mandarin. Tapi Anda tahu bahwa mandarin yang Anda cari mempunyai nama genus Citrus sehingga Anda dapat dengan mudah menentukan nama umum mandarin yang mana yang merupakan nama jeruk keprok, dalam hal ini klik satu di antara pilihan yang mencantumkan nama genus Citrus. Anda akan memperoleh nama ilmiah jeruk keprok Citrus reticulata Blanco dengan klasifikasi: Kingdom: Plantae > Phylum: Magnoliophyta > Class: Magnoliopsida > Order: Sapindales > Family: Rutaceae > Genus: Citrus > Species: Citrus reticulata.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang sama kemudian lakukan pemeriksaan terhadap nama jamur Phytophthora parasitica var. nicotianae, apakah nama ini merupakan nama mutakhir dan sahih atau bukan. Setelah mengetikkan nama tersebut dalam kotak pencarian dan menekan Enter, Anda akan dialihkan ke halaman yang memuat daftar nama Phytophthora parasitica, Phytophthora parasitica capsici, Phytophthora parasitica colocasiae, Phytophthora parasitica nicotianae, Phytophthora parasitica parasitica, Phytophthora parasitica piperina, Phytophthora parasitica rhei, dan Phytophthora parasitica sesami. Klik nama Phytophthora parasitica nicotianae maka Anda akan memperoleh nama Variety: Phytophthora parasitica nicotianae Tucker, 1931, yang ternyata adalah nama sinonim untuk Phytophthora nicotianae.

Untuk memperoleh nama mutakhir dan sahih, klik tautan nama Phytophthora nicotianae sehingga Anda sampai pada halaman yang memuat nama Phytophthora nicotianae Breda de Haan, 1896. Anda juga akan memperoleh banyak nama sinonim, yaitu: Phytophthora nicotianae nicotianae, Phytophthora formosana, Phloeophthora nicotianae, Phytophthora parasitica nicotianae, Blepharospora terrestris, Phytophthora parasitica rhei, Phytophthora parasitica piperina, Phytophthora tabaci, Phytophthora melongenae, Phytophthora ricini, Phytophthora lycopersici, Phytophthora manoana, Phytophthora imperfecta nicotianae, Phytophthora parasitica, Phytophthora allii, Phytophthora terrestris, dan Phytophthora nicotianae parasitica. Kalsifikasi Phytophthora nicotianae yang Anda peroleh adalah: Kingdom: Chromista > Phylum: Oomycota > Class: Oomycetes > Order: Peronosporales > Family: Peronosporaceae > Genus: Phytophthora > Species: Phytophthora nicotianae. Perhatikan pula bahwa sekarang Phytophthora nicotianae tidak lagi masuk dalam kerajaan Fungi, melainkan kerajaan Chromista.

Untuk mempelajari secara teliti cara mencari informasi spesies dalam GBIF Data Portal, klik menu About di bawah kotak pencarian, klik Online tutorial, lalu baca halaman yang tampil dan klik pilihan Finding information about a species (http://data.gbif.org/tutorial/species). Lalu bagaimana cara mencantumkan GBIF Data Portal sebagai rujukan? Untuk maksud tersebut, silahkan unduh dokumen dari Online Resource Centre GBIF (http://www.gbif.org/orc/?doc_id=4659) dan pelajari dokumen yang telah Anda unduh. Pada dasarnya, karena GBIF Data Portal memperoleh data dari berbagai sumber lain, yang dianjurkan untuk dirujuk adalah sumber data yang digunakan dalam GBIF Data Portal, bukan GBIF Data Portal dicantumkan sebagai sumber. Untuk keterangan tambahan, silahkan unduh file dari: http://www.danbif.dk/Documents/gbif-documents/DataCitation-Lane2008.pdf.

GBIF Data Portal menyediakan layanan pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup secara terintegrasi untuk seluruh kerajaan mahluk hidup: Animalia, Archaea, Bacteria, Chromista, Fungi, incertae sedis, Plantae, Protozoa, dan Viruses. Selain melakukan pemeriksaan dengan menggunakan portal terintegrasi, sebaiknya juga lakukan pemeriksaan dengan menggunakan portal khusus untuk kerajaan mahluk hidup tertentu. Misalnya, untuk fungi lakukan pemeriksaan pada Species Fungorum (http://www.speciesfungorum.org/) dan untuk tumbuhan (termasuk tanaman) pada The Plant List, a working list of all plant species (http://www.theplantlist.org/). Saya akan mencantumkan daftar berbagai situs yang menyediakan layanan pemeriksaan nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup untuk membantu mahasiswa dalam merujuk nama ilmiah dan klasifikasi dengan benar. Syukur kalau ada dosen yang berkenan juga memanfaatkannya.

Sekedar untuk mencoba, silahkan periksa nama lontar Borassus sundaicus pada portal The Plant List. Anda akan memperoleh jawaban berikut ini:
Borassus sundaicus Becc. is a synonym of Borassus flabellifer L. This name is a synonym of Borassus flabellifer L.. The record derives from WCSP which reports it as a synonym (record 23018) with original publication details: Webbia 4: 321 1914. Full publication details for this name can be found in IPNI: urn:lsid:ipni.org:names:664885-1.
Menurut The Plant List,  Borassus sundaicus Becc. adalah nama sinonim untuk nama Borassus flabellifer L., sehingga nama mutakhir dan sahih untuk lontar adalah Borassus flabellifer L.


1 komentar:

Terima kasih.. ini sangat bermanfaat. :)

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites