Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mhs. Magang

Berkaitan dengan program permagangan mahasiswa, saya berpendirian bahwa:
  • Permagangan mahasiswa merupakan bagian dari kurikulum pendidikan vokasi (kejuruan), bukan pendidikan sarjana (S-1)
  • Permagangan mahasiswa merupakan bagian dari kurikulum yang dipaksakan dilakukan di luar kawasan lahan kering, padahal orientasi pendidikan Faperta Undana adalah Pertanian Lahan Kering
  • Ketentuan laporan magang yang mengharuskan mahasiswa untuk membuat dan mempresentasikan laporan penelitian merupakan kegiatan plagiarisme yang bertentangan dengan etika akademik
Silahkan baca pendirian saya mengenai permagangan mahasiswa pada tulisan berikut:


Meskipun demikian, sebagai dosen saya berkewajiban untuk membimbing mahasiswa, termasuk mahasiswa magang. Untuk itu maka kepada mahasiswa magang di bawah bimbingan saya, laporan yang dibuat mahasiswa harus merupakan laporan magang, bukan laporan penelitian yang diikuti selama magang yang kemudian dilaporkan seakan-akan sebagai penelitian sendiri. Laporan magang dibuat sesuai dengan sistematika yang tersedia, dengan penyesuaian sebagai berikut:
  • Judul laporan magang tidak merupakan judul penelitian yang diikuti selama melakukan magang
  • Permasalahan yang dirumuskan pada bagian pendahuluan bukan merupakan perumusan masalah penelitian, melainkan perumusan masalah magang yang menjelaskan mengapa mahasiswa tertarik mengikuti magang pada bidang tertentu
  • Cara pelaksanaan harus menguraikan prosedur permagangan secara lengkap, mulai dari persiapan, selama melaksanakan magang, dan sampai pada cara pelaporan
  • Hasil laporan magang mencakup nama lembaga tempat magang dan struktur organisasinya, fasilitas yang tersedia di lembaga tempat magang dan penggunaannya, kegiatan yang diikuti selama melaksanakan magang dan hasilnya, pelajaran berharga yang bermanfaat untuk pengembangan pribadi mahasiswa dan pengembangan kelembagaan program studi dan fakultas.
  • Laporan magang ditulis dengan mengikuti tata penulisan karya ilmiah dengan menyertakan rujukan, sumber data, dan daftar pustaka.
Sistematika laporan magang yang disarankan adalah:
I. Pendahuluan
1.1. Latar Belakang, uraikan mengapa diperlukan magang dan mengapa perlu menentukan masalah sebagai fokus magang.
1.2. Masalah yang Menjadi Fokus Magang, uraikan masalah yang menjadi fokus pembelajaran selama magang dan mengapa masalah tersebut dijadikan fokus dalam kaitan dengan permasalahan pertanian di NTT dan minat mahasiswa
1.3. Tujuan dan Manfaat, uraikan tujuan yang ingin dicapai dan manfaat yang diharapkan diperoleh dari mengikuti kegiatan magang dengan fokus masalah yang telah dijelaskan. Jangan menguraikan tujuan dan manfaat umum sebagaimana yang tertulis pada panduan magang.
II. Metode Pelaksanaan
2.1. Persiapan Sebelum Keberangkatan, uraikan apa yang dilakukan sebelum keberangkatan, apakah sudah membuat rencana kegiatan atau bagaimana, dan bila sudah mempunyai rencana kegiatan, jelaskan bagaimana rencana tersebut dibuat
2.2. Rencana Kegiatan dan Cara Pelaksanaannya di Tempat Magang, sebutkan rencana kegiatan yang telah dibuat, jelaskan bagaimana rencana tersebut disampaikan di tempat magang, jelaskan penyesuaian apa yang perlu dilakukan, dan jelaskan cara pelaksanaan setiap kegiatan yang disepakati untuk dilaksanakan.
2.3. Pengumpulan Informasi dan Pelaporan, sebutkan informasi apa saja yang dikumpulkan selama melaksanakan kegiatan magang, bagaimana cara yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi, dan bagaimana mengolah informasi tersebut untuk menyusun laporan.
III. Institusi Tempat Magang
3.1. Nama, Alamat, dan Struktur Organisasi Institusi, sebutkan nama institusi dengan lengkap, alamat lengkap, dan struktur organisasi institusi
3.2. Tugas Pokok dan Fungsi Institusi, jelaskan tugas pokok dan fungsi institusi
3.3. Administrasi Kepegawaian, uraikan berapa jumlah tenaga peneliti, bidang keahlian tenaga peneliti, jumlah pegawai, dsb.
3.4. Sarana dan Prasarana, uraikan gegung perkantoran, laboratorium, perpustakaan, dan kebun percobaan yang dimiliki
3.5. Program Kerja, uraikan program kerja tahun berjalan yang dimiliki institusi tempat magang
IV. Hasil Pelaksanaan Kegiatan dan Pembahasan
4.1. Hasil Pelaksanaan Kegiatan
4.1.1. Kegiatan 1, jelaskan nama kegiatan dan hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut
4.1.2. Kegiatan 2, jelaskan nama kegiatan dan hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut
4.1.3. Kegiatan 3, jelaskan nama kegiatan dan hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut
dst.
4.2. Pengalaman Yang Diperoleh
4.2.1. Pengalaman dalam Penerapan Pengetahuan dan Keterampilan, dari seluruh kegiatan yang diikuti, jelaskan pengetahuan dan keterampilan mana yang diperoleh selama kuliah diterapkan dalam magang serta pengetahuan dan keterampilan baru apa yang diperoleh
4.2.2. Pengalaman dalam Penerapan Disiplin dan Tanggung Jawab, dari seluruh kegiatan yang diikuti, jelaskan tanggung jawab apa yang diterima di tempat magang dan bagaimana cara melaksanakan tanggung jawab tersebut dalam kaitan dengan waktu pelaksanaan
4.2.3. Pengalaman dalam Membangun Komunikasi dan Jaringan, dari seluruh kegiatan yang diikuti, dengan siapa berkomunikasi, apa jabatan orang yang diajak berkomunikasi, dan bagaimana mengembangkan komunikasi untuk membangun jaringan yang lebih luas
4.3. Pembahasan, sebutkan dan jelaskan kegiatan yang paling bermanfaat sesuai dengan masalah yang dikemukakan pada pendahuluan, pengalaman paling bermanfaat dan alasannya, serta kendala yang dihadapi dan masukan untuk memperbaikinya pada waktu-waktu yang akan datang (sebagai dasar untuk merumuskan saran)
V. Kesimpulan dan Saran
5.1. Kesimpulan, sebutkan kegiatan yang diikuti dan pengalaman yang diperoleh dari mengikuti kegiatan tersebut
5.2. Saran, sebutkan hal-hal yang perlu ditindaklanjuti dalam pelaksanaan magang berikutnya.

Sebelum menyusun laporan magang, mahasiswa perlu membaca dan mengikuti ketentuan berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut:


Sebelum menggunakan Word untuk mulai mengetik laporan, silahkan lakukan hal-hal sebagai berikut untuk memudahkan mengetik:
  • Mengatur setting Word  dengan cara mengklik logo Office>>Option>>Advanced>>Display>>Show measurement in unit of cm
  • Atur halaman ketik dengan mengklik menu Page Layout dan kemudian mengubah tepi atas menjadi 3 cm, bawah menjadi 2,5 cm, kiri menjadi 3,5 cm, dan kanan menjadi 2,5 cm
  • Mengatur perataan pengetikan semuanya rata kiri, memisahkan alinea dengan satu baris kosong, dan memisahkan judul bagian dari bagian sebelumnya dengan dua baris kosong
  • Mengaktifkan ikon P terbalik pada menu Paragraph selama melakukan pengetikan untuk mengetahui posisi kursor dengan jelas
  • Menggunakan page break (Insert>>Page Break) untuk memisahkan setiap bab dari bab sebelum dan sesudahnya.

Bila tidak bersedia mengikuti ketentuan tersebut di atas maka saya mempersialhkan mahasiswa untuk mengajukan penggantian pembimbing.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites