Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 04 Juni 2012

Melakukan Identifikasi OPT dengan Menggunakan Fasilitas Internet

Dalam beberapa waktu terakhir ini, saya mendapat banyak pertanyaan, baik dri kalangan mahasiswa maupun dosen, mengenai cara mengidentifikasi organisme pengganggu tumbuhan (OPT) dengan menggunakan Internet. Pertama-tama, pertanyaan ini perlu diluruskan, sebab Internet sendiri tidak menyediakan layanan identifikasi OPT. Yang disediakan di Internet adalah fasilitas untuk mendukung proses identifikasi. Fasilitas ini dapat berupa referensi bergambar, kunci determinasi online, pembandingan ciri-ciri, dan sebagainya. Identifikasi tetap dilakukan oleh manusia dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di Internet. Hal ini perlu saya luruskan untuk menghindarkan terjadi salah pengertian bahwa dengan Internet maka identifikasi dapat dila{ukan secara otomatis.


Ada banyak lembaga yang menyediakan fasilitas identifikasi melalui Internet. Misalnya, pemerintah federal Australia menyediakan fasilitas identifikasi gulma melalui situs Weed Australia. Pemerintah Australia juga menyediakan fasilitas identifikasi hama dan penyakit melalui layanan Pest and Disease Image Library (PaDIL). Penggunaan situs Weed Australia untuk melakukan iduntifikasi gulma sudah saya jelaskan dalam blog Ilmu Gulma. Pada kesempatan ini saya akan menguraikan cara penggunaan situs PaDIL untuk melakukan identifikasi hama dan penyakit. Sebagaimana halnya melakukan identifikasi dengan bantuan buku teks, melakukan identifikasi dengan bantuan fasilitas situs Internet juga memerlukan pengetahuan dasar mengenai morfologi. Situs PaDIL tidak menyediakan menu mengenai istilah morfologi sehingga istilah tersebut perlu terlebih dahulu didalami dengan menggunakan informasi yang harus dicari dari situs lain.

Penggunaan PaDIL dilakukan dengan menuliskan URL www.padil.gov.au di kotak URL browser dan kemudian menekan Enter. Pada halaman situs, tersedia fitur identifikasi cepat Search-lite, Image Libraries, dan PBT (Plant Biosecurity Toolbox). Untuk menggunakan fitur Serach-lite, ketikkan nama hama atau patogen yang diduga sebagai penyebab kerusakan pada kotak yang disediakan lalu tekan Enter dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Untuk menggunakan menu Image Libraries, klik menu tersebut yang terletak pada bgian kanan atas halaman utama lalu pilih sub-menu yang tampail dan kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya. Hal yang sama juga dilakukan untuk menggunakan menu PBT yang juga dapat diklik pada bagian kanan atas layar. Pada halaman utama Image Libraries maupun PBT terdapat kotak pencarian untuk mengetikkan nama hama atau patogen yang dicurigai. Langkah-langkah selanjutnya dapat diikuti pada dolumen yang saya susun secara khusus untuk membantu mahasiswa dan para0dosen sebagaimana saya tayangkan berikut ini:

Identifikasi dengan menggunakan situs PaDIL sebenarnya bukan merupakan proses identifikasi terhadap OPT yang benar-benar belum diketahui identitasnya. Identifikasi dengan menggunakan situs PaDIL merupakan proses identifikasi lanjutan terhadap OPT yang berdasarkan hasil identifikasi pendahuluan dicurigai sebagai penyebab kerusakan. Dengan demikian, identifikasi dengan menggunakan situs PaDIL bersifat lebih sebagai proses identifikasi untuk tujuan konfirmasi atau untuk memastikan.

Selamat mencoba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para mahasiswa, dosen, dan peneliti bidang perlindungan tanaman. Semoga juga informasi ini dapat menjawab pertanyaan mengenai identifikasi OPT melalui Internet yang dalam beberapa waktu terakhir banyak ditanyakan kepada saya. Bila Anda perlu memperoleh klarifikasi mengenai hal-hal tertentu secara lebih rinci, silahkan sampaikan melalui kotak komentar di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites