Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 25 Desember 2011

Sumber Pustaka Online untuk Bidang Ilmu Pertanian dan Bidang Berkaitan Lainnya

FAO bekerjasama dengan berbagai penerbit terkemuka dunia telah mengembangkan  basis data pustaka AGORA untuk memungkinkan negara-negara berkembang dapat mengakses koleksi perpustakaan dunia dalam bidang pertanian, lingkungan hidup, dan ilmu-ilmu sosial berkaitan. AGORA dikembangkan dengan harapan untuk membantu para pelajar, guru, mahasiswa, dosen, dan peneliti di negara-negara berkembang dapat memperoleh pustaka yang selama ini hanya dapat diperoleh dengan cara membayar mahal.

Untuk bisa mengakses AGORA, seseorang terlebih dahulu harus mendaftar. Silahkan klik tautan, isi formulir pendaftaran, dan kirimkan. Anda akan diminta mengisikan sejumlah data, tetapi yang terpenting adalah Username dan Password yang tidak boleh sampai terlupakan sebab setiap saat diperlukan untuk melakukan login. Setelah melakukan login maka silahkan klik tautan Journals sehingga Anda diarahkan Find Content. Selanjutnya klik menu Using AGORA untuk mempelajari cara melakukan pencarian dengan benar. AGORA bermitra dengan koleksi perpustakaan digital yang disediakan oleh HINARI (bidang kesehatan), OARE (bidang lingkungan hidup), dan ARDI (bidang pembangunan dan inovasi). Dengan kemitraan ini maka pustaka yang dapat diakses melalui AGORA menjadi bukan hanya dalam bidang pertanian dalam arti sempit melainkan juga dalam berbagai bidang ilmu yang berkaitan.

Selain menggunakan AGORA, pustaka gratis bidang pertanian juga dapat diakses melalui Directory of Open Access Journal (DOAJ). Silahkan klik Browse untuk melakukan perambahan dengan menggunakan judul jurnal atau menggunakan subyek. Subyek yang mencakup jurnal bidang pertanian dan bidang berkaitan dapat dirambah melalui kategori: Agriculture and Food Sciences  (Pertanian dan Ilmu Pangan) | Biology and Life Sciences   (Biologi dan Ilmu-ilmu Mengenai Mahluk Hidup) | Business and Economics   (Bisnis dan Ekonomika) | Chemistry   (Kimia) | Earth and Environmental Sciences   (Ilmu-ilmu Kebumian dan Lingkungan Hidup) | Mathematics and Statistics   (Matematika dan Statistika). Silahkan klik kategori untuk menuju ke sub-kategori yang lebih relevan dengan subyek yang dicari.



Untuk melakukan pencarian pustaka dari jurnal yang diterbitkan di negara-negara sedang berkembang (termasuk Indonesia), silahkan gunakan Bioline International. Jurnal negara-negara berkembang yang kini dipublikasikan oleh Bioline International dapat diakses dengan mengklik menu All Journals. Sayang, meskipun Indonesia tergolong negara sedang berkembang, belum ada satu jurnal Indonesiapun yang termasuk dalam basis data Bioline International. Selain DOAJ dan Bioline International, basis data gratis yang juga sangat bermanfaat adalah Bentham Open. Layanan basis data kepustakaan terbuka ini menerbitkan jurnal secara online dengan nama yang mengandung kata Open (alias terbuka bagi siapa saja atau gratis). Untuk melihat daftar jurnal yang dicakup dalam basis data ini silahkan klik tautan Journals A-Z atau kalau mau melakukan pencarian melalui subyek klik tautan Journal by Subjects.

Tersedianya layanan pustaka gratis ini sangat membantu terutama mahasiswa dan dosen di universitas-universitas yang hanya mempunyai gedung perpustakaan megah tetapi miskin pustaka. Jika Anda adalah mahasiswa atau dosen di universitas dalam kategori ini, Anda tidak dapat lagi beralasan sulit memperoleh pustaka. Hanya saja, jurnal yang tersedia hampir seluruhnya berbahasa asing, terutama Inggris, sehingga bagi mereka yang kurang menguasai bahasa asing memang akan mengalami kendala. Bagi mereka, mungkin layanan Google Translate atau Bing Translator dapat sedikit membantu. Layanan ini dapat digunakan untuk melakukan penerjemahan, tetapi karena dilakukan oleh mesin maka hasil terjemahannya tidak benar-benar tepat. Meskipun demikian, daripada sama sekali tidak dapat memahami isi artikel, tidak ada salahnya mencoba. Google Translate dapat diakses melalui mesin pencari Google, sedangkan Bing Translator melalui mesin pemcari Bing besutan Microsoft.

Layanan pustaka gratis ini juga diharapkan dapat menghindarkan penggunaan pustaka di bawah standar untuk penyusunan skripsi. Yang dimaksud dengan pustaka di bawah standar di sini adalah pustaka yang diterbitkan bukan untuk kalangan akademisi semisal buku-buku yang diterbitkan untuk petani. Tentu saja ini juga sekaligus untuk menunjukkan kepada seorang guru besar beken sebuah universitas terkemuka di Indonesia yang melarang mahasiswanya untuk menggunakan pustaka dari Internet bahwa Internet adalah sumber pustaka yang harus dimanfaatkan. Hanya saja, sebaimana halnya memanfaatkan buku teks, pemanfaatan Internet juga harus dilakukan secara selektif. Meskipun saya hanyalah seorang guru kecil, saya berbeda pendapat dengan guru besar beken tersebut. Saya sangat mendorong mahasiswa untuk menggunakan Internet sebagai sarana untuk mengakses pustaka sehingga untuk itu saya menulis tayangan ini.

Basis data kepustakaan gratis yang sangat bermanfaat untuk memperoleh pustaka bidang pertanian dan bidang berkaitan lainnya adalah sebagai berikut:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites