Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 16 Desember 2011

Membuat Kurva Hasil Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel

Untuk memudahkan memahami, hasil analisis regresi dapat disajikan dalam bentuk kurva. Kurva dapat dibuat dengan menggunakan berbagai program aplikasi khusus, baik yang berbayar maupun yang gratis. Tetapi daripada belajar mulai dari nol lagi, kurva hasil analisis regresi dapat dibuat dengan mudah menggunakan Excel. Sebagai contoh akan digunakan data pada tayangan mengenai Melakukan Analisis Regresi dengan Sangat Mudah Menggunakan Excel. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Lakukan analisis regresi dengan mengklik kotak Residuals pada pilihan Residual untuk memperoleh nilai Y prediksi dan nilai sisaan
  • Copy kolom Predicted Incidensi CVPD Hasil Uji Iodin dan kolom Residual dari hasil analisis regresi dan paste pada kolom tepat di sebelah kanan kolom data Incidensi CVPD Hasil Uji Iodin
  • Blok data termasuk nama peubah (baris paling atas) pada kolom Padat Populasi Diaphorina citri, Incidensi CVPD Hasil Uji Iodin, dan Predicted Incidensi CVPD Hasil Uji Iodin lalu Klik menu Insert, lalu pada kelompok Charts pilih Scatter, lalu pada menu dropdown pilih tipe scatter baris kiri paling atas. Hasilnya adalah kurva sebagai berikut:

Kurva yang dihasilkan merupakan kurva yang masih “mentah” sehingga perlu dilakukan penyuntingan agar tampil sebagaimana layaknya. Untuk melakukan penyuntingan:
  • Klik tombol kanan tetikus (klik kanan) pada daerah di tengah-tengah legenda (keterangan) kurva, klik Format Legend, lalu pilih Legend Options dan klik pilihan Bottom untuk meletakkan legenda di sebelah bawah kurba
  • Geser tepi kanan kurva sampai kotak kurva mendekati bentuk bujur sangkar (tetapi tidak benar-benar bujur sangkar)
  • Klik kanan sumbu X lalu pilih Format Axis untuk mengubah nilai minimum dan maksimum serta nilai selang sumbu X. Lakukan hal yang sama terhadap sumbu Y
  • Klik kanan salah satu angka selang sumbu X lalu pilih Add Major Gridlines untuk menambahkan garis selang seperti yang sudah terdapat untuk sumbu Y.
  • Klik kanan garis selang tegak lalu pilih Format Gridlines, klik Line Styles, dan pada pilihan Dasg type pilih jenis garis putus-putus yang disukai. Lakukan hal yang sama terhadap garis selang mendatar
  • Klik kanan titik segi empat warna merah lalu pilih Format Data Series dan pada menu yang tampil, klik Marker Options dan pilih None, kemudian klik Line Color dan pilih Solid Line dan pada pilihan Color: pilih warna yang disukai. Lakukan hal yang sama terhadap titik wajik warna biru muda, tetapi untuk Marker Options pilih Built-In Type: lingkaran. Kemudian klik Marker Fill lalu pilih Solid Fill dan pilih warna yang sama dengan warna garis.
  • Klik daerah kosong dalam kotak kurva lalu pada menu Chart Tool yang tampil di bagian atas layar pilih Layout kemudian pada kelompok menu Labels pilih Axis Titles untuk memberikan nama sumbu X dan nama sumbu Y. Untuk nama sumbu X pilih Primary Horizontal Axis Title lalu klik pilihan Title Below Axis dan ketik nama sumbu X di dalam kotak yang disediakan. Untuk nama sumbu Y pilih Primary Vertical Axis Title lalu klik pilihan Rotated Title dan ketik nama sumbu Y di dalam kotak yang disediakan.
  • Lakukan berbagai perubahan lain yang masih dapat dilakukan untuk mempercantik tampilan kurva. Perubahan lain dapat dilakukan dengan mengklik pilihan lain yang disediakan pada setiap langkah dari langkah 3 sampai langkah 7. Jangan ragu-ragu mencoba sebab bila terjadi kesalahan dapat dilakukan perubahan kembali ke keadaan sebelumnya dengan mengklik Undo. Setelah melakukan langkah-langkah penyuntingan di atas maka diperoleh kurva sebagai berikut:

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites