Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 21 Oktober 2012

Halo Mahasiswa Penyusun Skripsi, Periksa Nama Ilmiah yang Anda Gunakan dan Rujuk Sumber Primer

Saya sudah menediakan gadget pemeriksaan nama ilmiah pada blog ini. Tapi mungkin mahasiswa yang sedang menyusun skripsi kurang mengerti apa kegunaannya dan bagaimana menggunakannya. Mahasiswa yang saya bimbing membuat skripsi tetap saja menggunakan nama ilmiah yang tidak sahih (valid). Sebagaimana saya sudah sampaikan pada tulisan saya sebelumnya, nama ilmiah harus memenuhi sejumlah persyaratan tatanama dan diakui secara internasional. Pakar taksonomi yang berlainan memberikan nama ilmiah yang berbeda untuk satu spesies mahluk hidup tertentu. Tentu saja, di antara nama ilmiah tersebut, hanya satu yang memenuhi syarat dan diterima secara internasional. Untuk menentukan, mana di antara banyak nama ilmiah yang diberikan terhadap satu spesies mahluk hidup tertentu yang merupakan nama sahih, diperlukan pemeriksaan yang dapat dilakukan dengan menggunakan gadget yang saya sediakan.

Saya menyediakan  pemeriksaan nama ilmiah dengan menaut kepada layanan pemeriksaan nama ilmiah sebagai berikut:
  • GBIF Data Portal, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi berbagai kerajaan mahluk hidup 
  • ITIS, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi berbagai kerajaan mahluk hidup 
  • Global Invasive Species Database, untuk memeriksa nama ilmiah dan deskripsi spesies mahluk hidup yang bersifat invasif
  • The Plant List, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan 
  • AlgaeBase, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi algae
  • Species Fungorum, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi jamur
  • LPSN, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi bakteri 
  • ICTV, untuk memeriksa nama ilmiah dan klasifikasi virus
Untuk melakukan pemeriksaan nama ilmiah, klik tautan layanan pemeriksaan nama ilmiah tersebut di atas. Bila yang Anda periksa adalah nama ilmiah tumbuhan, jamur, atau bakteri, silahkan klik layanan yang sesuai. Untuk mahluk hidup lainnya, silahkan gunakan layanan GBIF Data Portal.

Misalkan Anda memperoleh dua nama ilmiah yang berbeda untuk jeruk keprok, yaitu Citrus reticulata dan  Citrus nobilis. Untuk memeriksa, mana di antara kedua nama ini yang merupakan nama valid, klik tautan The Plant List. Mula-mula ketik Citrus reticulata pada kotak pemeriksaan bertuliskan Enter a genus or genus and species, lalu klik tombol Search. Anda akan diarahkan ke halaman yang memuat tabel dengan nama Citrus reticulata Blanco pada baris paling atas. Klik nama tersebut sehingga Anda diarahkan ke halaman bertuliskan "Citrus reticulata Blanco is an accepted name (Citrus reticulata Blanco merupakan nama yang diterima). Kemudian periksa tabel di bagian bawah halaman, Anda akan memperoleh seluruh nama ilmiah sinonim (nama lain) untuk jeruk keprok, tetapi Anda tidak menemukan Citrus nobilis, melainkan Citrus nobilis var. deliciosa dan Citrus x nobilis berbagai varietas. Dengan demikian maka Citrus nobilis bukan nama yang diterima dan juga bukan nama sinonim untuk jeruk keprok. Untuk lebih meyakinkan, silahkan ketik nama Citrus nobilis pada kotak pemeriksaan. Anda akan diarahkan ke halaman bertuliskan "18 plant name records match your search criteria Citrus nobilis. The results are below." Dari tabel yang disajikan tidak ada nama Citrus nobilis, melainkan Citrus × nobilis Lour.Citrus nobilis var. deliciosa (Ten.) Swingle,  dan Citrus x nobilis berbagai varietas.


Misalkan Anda sedang membuat skripsi mengenai pengendalian Chromolaena odorata dengan menggunakan lalat puru dengan nama ilmiah yang Anda peroleh dari pustaka adalah Cecidochares connexa. Pertama-tama Anda perlu memeriksa nama ilmiah Chromolaena odorata di situs The Plant List sebagaimana memeriksa nama ilmiah jeruk keprok dan kemudian memperoleh hasilnya. Untuk memeriksa nama Cecidochares connexa, Anda harus menggunakan GBIF Data Portal mengingat merupakan nama serangga. Pada halaman utama, ketik nama Cecidochares connexa pada kotak di bawah tukisan Search species/country/dataset, kemudian tekan Search. Anda akan diarahkan ke halaman hasil bertuliskan Scientific name, species: Cecidochares connexa. Klik tautan nama ilmiah sehingga Anda diarahkan ke halaman bertuliskan Species: Cecidochares connexa (Macquart, 1848). Halaman ini menyatakan bahwa Cecidochares connexa merupakan nama yang diterima  dengan nama sinonim Trypeta nigerrima, dan Oedaspis leucotricha. Anda juga memperoleh klasifikasi lalat puru sebagai berikut: Kingdom: Animalia, Phylum: Arthropoda, Class: Insecta, Order: Diptera, Family: Tephritidae, Genus: Cecidochares, Species: Cecidochares connexa.


Anda dapat menggunakan GBIF Data Portal untuk memperoleh klasiifikasi tumbuhan. Untuk memperoleh klasifikasi Cromolaena odorata, silahkan ktikkan nama tersebut pada kotak pencarian GBIF Data Portal. Anda akan memperoleh hasil bertuliskan Scientific Names: Species: Chromolaena odorata (en:Jack In The Bush), Form: Chromolaena odorata odorata, dan Form: Chromolaena odorata squarrosa. Ini berarti spesies gulma ini mempunyai dua forma. Untuk memperoleh klasifikasi, silahkan klik  Chromolaena odorata (en:Jack In The Bush), Anda akan diarahkan ke halaman Names and Classification. Pada halaman ini Anda memperoleh klasifikasi Chromolaena odorata dari dua sumber, yaitu dari (1) The Species 2000 and ITIS Catalogue of Life: GCC: Global Compositae Checklist in Species 2000 and ITIS Catalogue of Life: 2011 Annual Checklist dan  dari (2) The International Plant Names Index: IPNI. Silahkan bandingkan, maka Anda akan melihat klasifikasi dari sumber pertama sangat lengkap. Tetapi, sebelum memutuskan untuk mengutip, silahkan periksa juga pada layanan pemeriksaan lain, misalnya ITIS.

ITIS merupakan mitra GBIF sehingga hasil yang akan Anda peroleh kemungkinan besar akan sama. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba. Pada halaman utama ITIS, klik Scientific Name, kemudian pilih Plant pada kotak In, containing pada kotak Kingdom, dan ketik Chromolaena odorata pada kotak pencarian, lalu klik Search. Anda akan diarahkan ke halaman hasil yang memuat: Chromolaena odorata (L.) R.M. King & H. Rob. – accepted – Jack in the bush, Siamweed. Anda memperoleh nama ilmiah yang diterima (accepted) dan nama umum dalam bahasa Inggris. Silahkan klik tautan Chromolaena odorata, Anda akan memperoleh halaman yang memuat Taxonomy and Nomenclature (taksonomi dan tatanama), Taxonomy Hierarchy (peringkat taksonomi), References (referensi, pustaka), dst. Anda dapat melihat klasifikasi disusun sebagai peringkat pada bagian peringkat taksonomi. Selain itu, Anda diberikan referensi (pustaka) pada bagian References. Klik Chromolaena pada bagian peringkat taksonomi, Anda akan memperoleh seluruh spesies yang diterima untuk genus Chromolaena. Klik Asteraceae pada bagian peringkat taksonomi, Anda akan memperoleh nama sinonim untuk famili Asteraceae (banyak sinonim) dan seluruh nama genus yang diterima dalam famili Asteraceae (banyak genera).








Untuk memeriksa nama ilmiah jamur Anda menggunakan layanan pemeriksaan Species Fungorum. Ketik nama Diplodia natalensis pada kotak pemeriksaan, lalu klik Search, maka Anda akan memperoleh hasil: "Pages: 1 of 1 records. TofP BofP, Diplodia natalensis Pole-Evans (1911), (= Lasiodiplodia theobromae); Anamorphic Botryosphaeriaceae".Klik tautan Diplodia natalensis, Anda akan memperoleh bahwa nama yang berlaku (current name) untuk jamur ini adalah Lasiodiplodia theobromae (Pat.) Griffon & Maubl. 1909. Klik tautan back to previous page, lalu klik tautan (= Lasiodiplodia theobromae), maka Anda akan memperoleh daftar panjang nama sinonim jamur ini berikut klasifikasinya di bagian bawah halaman: Botryosphaeriaceae, Botryosphaeriales, Incertae sedis, Dothideomycetes, Ascomycota, Fungi (dalam urutan terbalik, tanpa disertai peringkat taksonomi).


Untuk memeriksa nama bakteri penyebab penyakit, gunakan layanan LPSN. Layanan ini menggunakan cara yang agak berbeda untuk melakukan pemeriksaan. Pada halaman utama, klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan kotak Content, lalu pilih Genera and taxa above the rank of genus: M-R, untuk memeriksa bakteri genus Pseudimonas. Anda akan dialihkan ke halaman beisi daftar panjang, geser halaman ke bawah sampai Anda memperoleh nama Pesudomonas, lalu klik tautan. Anda akan dialihkan ke halaman Pseudomonas berisi daftar seluruh spesies bakteri ini. Geser halaman ke bawah sampai Anda menemukan nama spesies yang diperiksa, dalam hal ini Pseudomonas solanacearum. Anda akan memperoleh nama Pseudomonas solanacearum (Smith 1896) dan nama sinonim Bacillus solanacearum Smith 1896. Anda juga diberikan situs alternatif pemeriksaan: Approved Lists of Bacterial Names Amended edition. Untuk memperoleh klasifikasi, setelah mengklik segitiga terbalik di sebelah kanan kotak Content, pilih Classifications.

Untuk algae, silahkan periksa di AlgaeBase dan untuk virus di ICTV.  Selain memeriksa melalui layanan yang bersifat menyeluruh (beberapa golongan mahluk hidup dalam satu layanan), Anda juga dapat memeriksa melalui layanan pemeriksaan kelompok taksonomi tertentu. Untuk tumbuhan, tersedia layanan khusus IOPI Provisional Global Plant Checklist (seluruh tumbuhan berbunga), Tropicos (seluruh tumbuhan berbunga, algae, dan jamur), World Checklist of Selected Plant Families (tumbuhan bangsa tertentu), The Gymnosperm Database (tumbuhan biji terbuka), Annonaceae Database (Annonaceae), Brassicaceae Checklist (Brassicaceae), ILDIS (Fabaceae), Lecythidaceae Pages (Lecythidaceae), MelNet (Melastomataceae), Solanaceae Source (Solanaceae), Umbellifer Resource Centre (Umbelliferae), dan Early Land Plants Today (tumbuhan darat primitif).

Untuk serangga tersedia sangat banyak layanan terpisah-pisah, di antaranya Odonata (capung dan kerabatnya), Plecoptera Scpecies File (Plecoptera), Blattodea Species File (kecoak dan kerabatnya), Mantodea Species File (belalang sembah dan kerabatnya), Phasmida Species File (belalang kayu dan kerabatnya), Orthoptera Species File (belalang, khususnya belalang kembara), Embioptera Species File (Embioptera), ScaleNet (Hemiptera: kutu scale dan kerabatnya), FLOW (Hemiptera: planthoppers dan kerabatanya), COOL (Hemiptera: Cercopoidea dan kerabatnya), Psyl'list (Hemiptera: kutu loncat dan kerabatnya), Aphid Species File (Hemiptera: aphids dan kerabatnya), MBB (Hemiptera: moss bugs dan kerabatnya), 3i Cicadelinae (Hemiptera: Cicadelinae), 3i Typhlocybinae and Delphacidae (Hemiptera: Typhlocybinae dan Delphacidae), Stresiptera (parasitoid stresiptera dan kerabatnya), Lacewing Digital Library (cecopet dan kerabatnya), WTaxa (kumbang bubuk dan kerabatnya), Fleas (kutu busuk dan kerabatnya), LepIndex (kupu-kupu dan ngengat), Tineidae (Lepidoptera: Tineidae), World Cracillariidae (Lepideoptera: Gracillariidae), Taxapad (Hymenoptera: Ichneumonoidea), Universal Chalcidoidea Database (Heminoptera: Chalcidoidea), Zobodat Vespoidea (Hymenoptera: Vespoidea), dan HymIS (Hymenoptera: Rhopalosomatidae).

Lalu bagaimana memberikan referensi terhadap klasifikasi yang dikutif dari layanan pemeriksaan nama ilmiah ini? Sederhana, gunakan saja Zotero. Anda tinggal memasukkan halaman web hasil pemeriksaan ke Zotero dan Anda dapat menggunakan Zotero untuk merekam halaman web hasil pemeriksaan. Bila Anda belum menggunakan Zotero, silahkan pelajari cara menggunakannya. Pada era teknologi inforrmasi sekarang ini, semuanya menjadi begitu mudah, asal mau berusaha sehingga tahu caranya. Patut disayangkan karena ternyata masih begitu banyak dosen dan mahasiswa tetap saja mengutip nama ilmiah dan klasifikasi dari buku-buku yang ditulis untuk kelangan petani dan umum. Dan begitu banyak dosen dan mahasiswa merujuk pustaka dan menulis daftar pustaka secara manual. Internet digunakan tidak lebih hanya untuk mengirim email serta ber-facebook dan ber-twitter ria.

21 komentar:

selamat sore pak
stelah saya membuka blog ini, saya memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana mencari nama ilmiah dari tumbuhan yang saya cari dan memudahkan pada saat mencari tugas tentang perlintan

selamat sore pak
saya sangat berterima kasih dengan adanya blog ini yang memudahkan saya mencari nama-nama ilmiah dan apabila saya akan menyusun skripsi tentu blog ini akan berguna
terima kasih banyak pak

selamat malam pak

blog ini berguna sekali bagi saya saat sya mencari nama ilmiah,dan juga banyak mendapat informasi yang sangat menarik

selamat malam pak,saya samuel ara.
setelah saya membaca tulisan ini,dan setelah saya melihat blog ini,ternyata selama ini say mengalami kesalahan dalam penulisan klasifikasi nama ilmiah tumbuhan,dulu saya hanya mencantumkan nama ilmiah dan klasifikasi secara asal-asalan saja,tanpa mengetahui apakah nama ilmiah dan klasifikasi tumbuhan tersebut merupakan nama yang sah.dengan adanya blog ini yang dilengkapi dengan gadgednya,makin membuka mata saya dan mempermudah saya dalam hal tersebut.
terimakasih

slmat pagi bapak,ini saya mervyn heo mahasiswa bapak semester 3 untuk mata kuliah ilmu gulma, maaf atas keterlambatan saya mengomentari pada blog ini,..blog ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari nama ilmiah tumbuhan beserta klasifikasinya, sangat membantu saya dalam mencari jawaban ujian ilmu gulma, karna pada blog ini tersedia lengkap nama ilmiah dengan berbagai sistem klasifikasi....trimaksih

Terima kasih Leni, Sariana, Safira, Samuel, dan Mervyn. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, terutama nanti pada saat Anda menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi, silahkan berkunjung kembali.

Selamat malam dan minta maaf Bapak, saya baru bisa mengomentari blog ini karena satu dan lain hal. Menurut saya blog ini cukup membantu saya dalam pengerjaan tugas beberapa mata kuliah, serta membuat saya tahu mengenai referensi-referensi apa saja yang harus saya pakai ketika kelak saya menyusun skripsi nanti.
Terima kasih.

Selamat pagi bapak... Terima kasih bapak, blog ini sangat bermanfaat bagi saya, terutama pada saat saya mencari klasifikasi secara lengkap dari suatu tanaman, beserta nama ilmiah dan pemberi namanya.
Terima Kasih

selamat malam bapak terima kasih karna blog ini sangat berguna dan membantu saya untuk mengerjakan soal ujian yang berikan....

mlm bapak menurut saya blog ini sangat bermenfaat bagi saya terima kasi bapak

selamat pagi pak.say ribka lodo lobo.blog ini sangat membantu saya dalam mencari nama ilmiah yang sah dari semua mahluk hidup.
terima kasih

selamat pagi pak,saya Maria Sodak.blog ini sangat bermanfaat dan membantu say dalam mengetahui dan mempelajari tentang semua nama ilmiah yang benar dan baik dari semua makhlik hidup.
terima kasih

Selamt siang bapak. Saya berterima kasih atas blog ini karena dapat membantu saya dalam mempelajari dan mengerjakan tugas ilmu gulma.
Terima kasih.

selamat siang pak,saya minta maaf karena baru hari ini saya mengomentari blog ini.
bapak teima kasih karena blog ini dapat membantu saya untuk mengetahui lebih banyak jenis-jenis gulma serta nama ilmiah.
terima kasih.

selamat siang pak.saya neli loda biru koni.maaf atas keterlambatan saya dalam mengirimkan kometar ini karena satu dan lain hal.tulisan ini sangat membantu saya.blog ini sangat membantu saya dalam mengetahui nama ilmiah dari tumbuhan yang sah.dengan begitu saya dapat mengetahui nama ilmiah beserta klasifikasinya dengan lengkap.
terima kasih

selamat siang pak, blog ini sangat berguna membantu saya untuk mempelajari jenis-jenis gulma.
terima kasih.

terimakasih bapak...
saya telah membaca tulisan ini. banyak informasi baru yang saya dapatkan yang selama ini belum pernah saya peroleh dalam aktifitas perkuliahan formal. dengan demikian tulisan ini dapat menambah wawasan saya dalam hal penulisan nama ilmiah spesies suatu makluk hidup....

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

terimakasih bapak...
saya telah membaca tulisan ini. banyak informasi baru yang saya dapatkan yang selama ini belum pernah saya peroleh dalam aktifitas perkuliahan formal. dengan demikian tulisan ini dapat menambah wawasan saya dalam hal penulisan nama ilmiah spesies suatu makluk hidup....

Simplisius Pohi Zagyta

Terima kasih semuanya, yang terpenting bagi saya sebenarnya bukanlah memperoleh komentar, melainkan Anda membaca tulisan ini supaya nanti, ketika menyusun skripsi, tidak lagi mengutip nama ilmiah dan klasifikasi mahluk hidup dari huku-buku yang diterbitkan untuk kalangan umum dan petani. Tulisan dalam blog ini, dan blog matakuliah lainnya, merupakan bagian tidak terpisahkan dari kuliah yang saya berikan. Mudah-mudahan, ketika nanti bertemu ketika Anda menyusun skripsi, saya mendapat skripsi dengan nama ilmiah dan klasifikasi yang dikutip dari sumber yang benar. Terima kasih Anda sudah berkenan belajar, meskipun harus agak dipaksa.

LPSN gak bisa terbuka yah..?

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites