Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 30 Januari 2011

Mengakses Jurnal Ilmiah Online Gratis

Jurnal ilmiah internasional masa kini semuanya ditayangkan melalui Internet sehingga dapat diakses secara online. Namun sayangnya, yang ditayangkan hanya abstrak, sedangkan untuk mengakses artikel secara lengkap diharuskan membayar. Akibatnya tentu mudah dipahami, mengapa dosen yang gaji bulanannya hanya cukup untuk membiayai keluarga selama 2 minggu, tidak mungkin dapat mengkases jurnal ilmiah semacam itu (meskipun belum meminta gaji dinaikkan, karena percuma saja meminta kalau pemerintah lebih memprioritaskan menaikkan gaji presiden dan pejabat tinggi). Apalagi mahasiswa banyak universitas di daerah, yang lebih banyak menggunakan uang kiriman orang tua untuk membeli pulsa telepon sesluler daripada untuk membiayai kepentingan kuliah, mana mungkin dapat diharapkan mau mengakses artikel jurnal dengan membayar seperti itu.


Untungnya, selain jurnal ilmiah internasional konvensional yang hanya memberikan akses artikel lengkap dengan membayar, kini terdapat banyak jurnal ilmiah yang memberikan artikelnya untuk diakses secara gratis oleh siapa saja. Jurnal ilmiah seperti ini dikenal dengan jurnal akses terbuka (open access journal). Kini, semakin banyak jurnal ilmiah menjadi jurnal akses terbuka sehingga membantu dosen yang gajinya pas-pasan (kecuali dosen yang mengemban tugas tambahan sebagai pejabat) dan mahasiswa yang lebih mementingkan membeli pulsa untuk dapat menikmati membaca artikel jurnal terkini. Jurnal ilmiah akses bebas dalam bidang perlindungan tanaman memang masih terbatas, tetapi artikel mengenai perlindungan tanaman sering dapat diperoleh juga dari jurnal ilmiah bidang yang lebih umum.

Berikut adalah daftar jurnal ilmiah akses bebas bidang perlindungan tanaman:
Jurnal ilmiah akses bebas dalam bidang lebih umum yang mungkin juga memuat artikel mengenai perlindungan tanaman adalah:
Jurnal ilmiah lain yang kemungkinan juga memuat artikel mengenai hama dan penyakit maupun perlindungan tanaman adalah:
Jurnal bidang ekologi dan lingkungan hidup yang juga dapat memuat artikel mengenai hama dan penyakit maupun perlindungan tanaman adalah:
DOAJ=Directory of Open Access Journals, daftar jurnal ilmiah yang dapat diakses secara terbuka (silahkan klik).

Sementara gaji dosen masih belum memungkinkan dosen untuk berlangganan jurnal secara pribadi dan perpustakaan universitas belum direncanakan untuk berlangganan database jurnal semacam ScienceDirect atau Agricola, cukuplah dosen dan mahasiswa mengakses jurnal ilmiah akses bebas (meskipun anggaran pendidikan katanya sudah menjadi 20% APBN).

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites