Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 24 Januari 2011

Gratis, Ternyata (Tidak) Semua Orang Suka

Siapa yang tidak suka yang namanya gratis? Di Internet terdapat banyak hal yang bisa diperoleh secara gratis. Termasuk sumberdaya belajar gratis. Ada buku teks gratis, jurnal ilmiah gratis, program komputer gratis, dan banyak lagi. Hanya saja, tidak semua orang tahu di mana memperolehnya dan vagaimana caranya. Karena itu, blog ini dibuat untuk memudahkan dosen dan mahasiswa mengakses sumberdaya belajar gratis tersebut.

Sumberdaya belajar terbaik untuk kategori buku teks, jurnal ilmiah, program aplikasi statistika, program komputer, deskripsi tanaman, deskripsi OPT, dan gaya pengutipan disajikan sebagai pranala luar pada bagian bawah tulisan ini. Dengan mengklik tautan maka Anda akan diarahkan ke situs situs terbaik yang memberikan layanan kategori tersebut. Untuk situs-situs lainnya, atau keterangan tambahan mengenai situs terbaik tersebut, informasi akan diberikan melalui tayangan (posting). Untuk sementara, topik layanan dibatasi untuk kebutuhan dosen dan mahasiswa ilmu hama dan penyakit tumbuhan. Mudah-mudahan dosen dan mahasiswa PS IHPT (atau nama lebih keren saat ini: Minat Perlindungan Tanaman) berkenan memanfaatkan layanan ini.

Layanan ini disajikan di sini mengingat kondisi pembangunan pendidikan tinggi yang memprihatinkan karena hanya memfokuskan pada perubahan kurikulum dan pembangunan fisik daripada memperbaiki ketersediaan sumberdaya belajar. Akibatnya, untuk membuat karya ilmiah, dosen dan mahasiswa terpaksa harus mengutip buku-buku yang sebenarnya diperuntukkan bagi kalangan petani dan masyarakat umum. Untuk kepentingan tertentu mungkin tidak salah mengutip buku-buku semacam itu, tetapi sebagai sumber otoritas keilmuan tentu saja buku-buku semacam itu sangat tidak memadai. Mau meminjam buku di perpustakaan yang ada juga hanya buku-buku semacam itu, meskipun gedung perpustakaannya berdiri megah. Belum lagi mengenai bagaimana sebenarnya menulis ilmiah yang bqik dan benar, banyak universitas dan fakultas yang lebih memprioritaskan pembangunan gedung daripada menyediakan panduan penulisan ilmiah.

Khusus sumberdaya berupa program komputer, di sini sengaja disajikan layanan untuk mengakses program komputer yang diperlukan untuk berbagai tujuan sehingga dosen dan mahasiswa tidak lagi perlu menggunakan program bajakan. Sungguh sangat memalukan ada dosen yang begitu berupaya keras untuk menulis buku teks dan memperoleh paten, padahal dalam upaya untuk itu mereka melanggar hak cipta dan paten dengan menggunakan program bajakan. Sebenarnya bahkan lebih memalukan lagi bagi universitas dan fakultas yang selalu mendorong para dosennya untuk menulis buku teks dan memperoleh paten tetapi tidak dapat membantu menyediakan program legal yang diperlukan untuk itu.

Pada akhirnya, layanan ini diberikan untuk menertawakan diri sendiri. Sudah sekian lama menjadi dosen ternyata belum juga dapat membeli buku teks dan berlangganan jurnal arus utama. Sungguh, dosen, yang katanya harus profesional (meskipun belum mempunyai organisasi profesi), sebagian besar hanya mampu memperoleh sumberdaya belajar gratis seperti ini pada saat, katanya, anggaran pendidikan sudah dinaikkan menjadi 20% APBN dan APBD. Entah ke mana anggaran itu pergi, sehingga tidak dapat digunakan untuk memperbaiki sumberdaya belajar.

Pranala Luar:
Buku Teks dan Jurnal

Program Komputer Gratis
Bagan Alir: instalasi di komputer: Diagram DesigneryEd, online: Cacoo, Creately, Diagramly, JGraph, Gliffy, Graphity, LucidChart, ProcessOn, SpicyNodes, Grapholite. Lihat juga: Program Bagan Alir Daftar1, Daftar 2, Daftar 3, dan seterusnya (tidak semuanya gtaris)
Pemetaan Konsep (Mind Mapping): XMind, Edraw,
Grafis: Program Grafis (banyak pilihan)

Panduan
Panduan Program Perkantoran: Office 2007 bagi Pemula, Word 2007, Excel 2007
 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites