Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 18 Juli 2012

Mahasiswa Bimbingan dan Dosen Pembimbing, Mari Membuat Akun Dropbox untuk Memudahkan Proses Pembimbingan

Sampai saat ini, kurang lebih sudah selama tiga tahun saya memberikan layanan konsultasi proposal penelitian dan konsultasi skripsi secara online melalui email. Saya meminta mahasiswa mengirimkan proposal penelitian dan skripsinya sebagai lampiran (attachment) email. Sebagian besar mahasiswa memang telah mengirimkan proposal penelitian atau skripsinya sebagai lampiran, tetapi ada juga yang mengirimkan dengan menempelkannya di dalam kota email, setelah terlebih dahulu menyalinnya dari Word. Tidak mengapa, saya menganggap hal ini sebagai pembelajaran bahwa menjadi global oriented university itu tidak semudah menempelkan kata-kata semboyan di pintu gerbang.


Saya memberikan koreksi dan saran perbaikan terhadap setiap proposal penelitian dan skripsi yang masuk dengan menggunakan fitur Track and Changes yang tersedia di Word. Supaya saya dapat menggunakan fitur tersebut dengan lebih nyaman, saya sudah meminta kepada mahasiswa untuk mengetik skripsinya dengan mengikuti Panduan Pengetikan yang sudah saya tayangkan untuk dapat diunduh dan dipelajari oleh mahasiswa. Mungkin karena mahasiswa terlalu sibuk (entah sibuk apa) sehingga tidak sempat membacanya, proposal penelitian dan skripsi yang masuk pada umumnya diketik dengan memperlakukan Word sekedar sebagai mesin ketik. Ternyata, mengetik saja harus diajarkan, agar mahasiswa bisa menjadi mahasiswa global oriented university. Belum lagi menggunakan fitur Track and Changes, meskipun saya sudah membuat dan menayangkan tulisan mengenai cara menggunakan fitur tersebut, sepertinya mahasiswa tidak memperhatikan panduan yang sudah saya tuliskan.

Selain menghadapi mahasiswa, saya juga menghadapi kendala dalam mengkomunikasikan penggunaan fitur Track and Changes ini dengan rekan-rekan dosen pembimbing. Saya mohon maaf bila harus menyampaikan hal ini, tetapi sekali lagi perlu saya sampaikan bahwa rekan-rekan dosen dapat membaca panduan yang sudah saya tulis khusus mengenai cara penggunaan fitur ini. Blog ini memang saya maksudkan untuk memberikan layanan kepada mahasiswa, tetapi bukan berarti saya melarang rekan-rekan dosen untuk mengaksesnya. Saya mempersilahkan siapa saja untuk mengakses blog ini, siapa saja yang menganggap belajar tidak perlu dibatasi oleh jenjang pendidikan dan jabatan akademik. Saya tidak perlu malu untuk mengatakan bahwa saya sering mengunjungi blog yang dibuat oleh mahasiswa di perguruan tinggi lain untuk mempelajari, apa yang dilakukan oleh mahasiswa di perguruan tinggi yang bukan merupakan global oriented university.

Melakukan konsultasi online dapat membantu mahasiswa menghemat kertas dan tinta. Sekaligus juga membantu mengurangi kerusakan dan pencemaran lingkungan, meskipun sangat sedikit. Memulai sesuatu memang perlu dari hal-hal yang kecil. Tetapi melakukan konsultasi online dengan menggunakan email juga menghadapi kendala. Selain kendala sebagaimana yang sudah saya jelaskan dan dapat teratasi seiring dengan perjalanan waktu, juga terjadi kendala lain yang mendesak untuk diatasi. Kendala yang saya maksud adalah penamaan berkas (file) untuk menghindarkan terjadinya kekacauan antar antar mahasiswa dan antar tahapan koreksi (koreksi 1, koreksi 2, dst.). Untuk mengatasi kesulitan tersebut, saya mengharapkan setiap mahasiswa bimbingan saya untuk membuat akun penyimpanan online Dropbox.

Untuk mendaftar di Dropbox, silahkan mengkonfirmasi undangan yang saya sampaikan melalui email:
I Wayan Mudita wants you to try Dropbox! Dropbox lets you bring all your photos, docs and videos with you anywhere and share them easily.
Accept invitation here.
Pada email Anda, silahkan klik Accept invitation here untuk menerima undangan saya. Anda akan dialihkan untuk mengisi formulir registrasi. Silahkan isi nama depan, nama belakang, alamat email, dan kata sandi email Anda. Selanjutnya klik kotak di depan tulisan I agree to Dropbox Terms, lalu klik kotak tombol Create Account. Setelah mengklik kotak tombol Create Account, Anda akan diarahkan untuk mengunduh file program aplikasi Dropbox 1.4.11 (atau versi yang lebih baru). Silahkan tentukan pada di mana Anda akan menyimpan file program aplikasi tersebut lalu tekan tombol Save untuk menyimpan file. Jangan sampai lokasi penyimpanan file terlupa sebab nanti akan diperlukan untuk menginstalasi file setelah selesai diunduh. Selanjutnya, Silahkan lakukan instalasi dengan mengikuti instruksi yang disediakan di layar. Sete|ah proses instalasi selesai, ikon Dropbox akan ditampilkan pada taskpane Windows di bagian kanan bawah layar (bergantung pada setelan Windows di komputer Anda).

Sekarang Anda sudah mempunyai akun Dropbox dan siap untuk berbagi file dengan saya. Untuk membuka folder Dropbox Anda, silahkan klik ikon tersebut lalu pilih Open Dropbox folder. Anda akan melihat folder yang terdapat di dalam akun Dropbox Anda. Untuk berbagi folder proposal penelitian dengan saya, silahkan buat folder dengan nama Proposal Penelitian Skripsi. Selanjutnya, klik saru kali nama folder tersebut dan setelah folder tersebut terpilih, klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan tulisan Share with, lalu klik Specifik people dan klik nama saya (atau akronim nama saya). File proposal penelitian yang Anda unggah ke folder tersebut akan dapat saya akses untuk saya koreksi dan berikan masukan. Hal yang sama dapat Anda lakukan untuk file naskah skripsi, seandainya Anda sedang dalam proses konsultasi skripsi dengan saya. Demikian juga dengan file slide presentasi, silahkan buat folder khusus untuk slide dan kemudian bagikan kepada saya dengan cara yang sama.

Saya mengharapkan seluruh mahasiswa bimbingan saya, baik proposal penelitian maupun skripsi, untuk membuat akun Dropbox setelah menerima undangan dari saya. Saya akan memberikan prioritas penyampaian koreksi dan masukan kepada mahasiswa yang sudah menggunakan akun ini. Bila Anda mengalami kesulitan membuat akun Dropbox, silahkan Anda sampaikan pertanyaan melalui kotak komentar di bawah ini. Saya akan berusaha sedapat mungkin membantu Anda membuat akun Dropbox sehingga Anda bisa menjadi mahasiswa global oriented university.


2 komentar:

Selamat sore pak, terimahkasi atas undangannya untuk bergabung di Dropbox, tulisan sangat bermanfaat karena memberikan kepada saya pengetahuan baru dan memudahkan saya untuk melakukan konsultasi.

Semula terasa agak sulit, tetapi sekarang Yaved sudah menjadi mahasiswa yang bukan hanya tahu Facebook, tetapi juga melek Teknologi Informasi (IT). Mahasiswa bimbingan saya tidak harus mempunyai IP 4,0, tetapi harus mempunyai nilai plus dibandingkan dengan mahasiswa lainnya...

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites