Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, 02 Oktober 2011

Berbagi Sumberdaya Internet, termasuk Sumberdaya Penelitian

Internet telah membawa berbagai kemudahan, termasuk kemudahan dalam hal penelitian. Katakan saja misalnya kemudahan dalam memperoleh referensi. Dahulu peneliti harus mendatangi perpustakaan untuk memperoleh referensi, kini tidak harus selalu demikian. Peneliti dapat memperoleh referensi melalui Internet. Peneliti bahkan dapat membangun bookmark referensi yang diperolehnya dan kemudian saling bertukar referensi dengan koleganya. Bagaimana ini bisa dilakukan? Tidak sulit, asalkan kita mau belajar dan belajar. Salah satu fitur yang dapat digunakan digunakan untuk itu adalah layanan berbagai (sharing) yang disediakan oleh penyedia layanan gabungan AddThis, ShareThis dan Sharehaholic. Melalui layanan ini kita bisa memilih banyak sekali layanan bookmark dan sharing. Di antaranya, sekedar sebagai contoh, adalah Delicious.


Bagaimana melakukannya? Pertama-tama, kita semua pasti sudah mempunyai browser terinstalasi di komputer masing-masing, entah Firefox, Chrome, Opera, atau apa, terserah selera masing-masing. Setiap browser mampunyai kemampuan untuk menginstalasi program-program kecil ke dalam dirinya, misalnya pada Firefox dikenal dengan nama Add-ons. Salah satu Add-ons yang dapat diinstalasi untuk dapat menikmati layananan gabungan adalah AddThis. Pada Firefox klik Tools dan kemudian pilih Add-ons. Selanjutnya cari AddThis dengan mengetikannya pada kotak pencarian lalu lakukan instalasi. Untuk menampilkan layanan yang diinstalasi, silahkan lakukan restart sehingga layanan AddThis ditambahkan sebagai bar. Selanjutnya klik ikon AddThis dan lakukan registrasi. Langkah berikutnya adalah memilih situs bookmark yang akan kita gunakan. Ada banyak situs bookmark yang dapat dipilih, tetapi sekedar sebagai contoh saya menggunakan Delicious. Silahkan melakukan registrasi dan membuat profil masing-masing.

Lalu sekarang bagaimana? Setiap kali kita memperoleh situs yang kita anggap menarik untuk dijadikan referensi kita tinggal mengklik icon Delicious pada layanan AddThis. Situs yang kita perlukan dengan sndirinya akan dicatat oleh Delicious. Situs-situs yang dicatat oleh Delicious tersebut selanjutnya dapat kita kategorikan ke dalam stack untuk lebih memudahkan dalam menemukan kembali dan membagikan kepada kolega yang memerlukan. Membagikannya pun dapat dilakukan dengan berbagai sarana. bagi Anda para pengguna Facebook, Anda dapat membagikan dengan menggunakan akun Facebook. Demikian juga bagi Anda pengguna Twitter dan layanan berbagi lainnya. Lalu apa untungnya berbagi? Pada mulanya mungkin Anda merasa rugi, telah bersusah payah mencari referensi kok malah dibagikan begitu saja kepada orang lain. Tapi dengan membagikan, Anda juga nantinya akan menerima hal yang sama dari orang lain. Sebab inilah yang namanya berbagi (sharing): memberikan dan menerima. Di dunia ini kita tidak bisa hanya ingin menerima saja, tanpa pernah mau memberi. Sebab memberi membuat segala sesuatunya menjadi elbih enak, becoming more delicious. And that is Delicious for.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites