Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 19 September 2011

Penyakit Baru pada Pisang di Tmor Barat: Penyakit Freckle?

Dalam kunjungan Prof. Siti Subandiyah dari UGM mengambil sampel jeruk di Timor Barat, beliau menemukan tanaman pisang yang juga tampak seperti menderita penyakit. Gejalanya seperti ini:

Beliau menduga penyakit pada pisang tersebut adalah penyakit preckle. Ini adalah gejala penyakit freckle dari DPI Queensland:

Dan ini adalah gejala dari Pest and Disease Image Library (PaDIL) Australia:

Cermati gejala penyakit yang ditemukan di lapangan dan gejala penyakit freckle menurut referensi dan kemudian silahkan simpulkan apakah penyakit yang ditemukan di Timor Barat mirip gejala penyakit freckle atau bukan. Bila Anda adalah mahasiswa PS IHPT Faperta Undana, apakah Anda berminat meneliti penyakit tersebut untuk menyusun skripsi? Bila ada di antara Anda yang berminat, silahkan menghubungi Ibu Mayavira Hahuly.


2 komentar:

Selamat sore pak, terimakasih telah memberikan informasi ini, sekarang sudah saya jadikan sebagai permasalahan untuk melakukan penelitian untuk menyelesaikan studi di Fakultas Pertanian Undana.

Terima kasih, silahkan terus belajar. Menjadi sarjana memang penting, tetapi semangat untuk senantiasa terus belajar jauh lebih penting

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites