Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 16 Februari 2012

Pengantar Belajar Menggunakan SAS secara Online

SAS OnDemand for Academics menyediakan cara pembelajaran pengelolaan dan analisis data secara online dengan menggunakan program SAS (Statistical Analysis Software). Dengan menggunakan Internet, pengguna dapat mengakses kemampuan analitik perangkat lunak SAS melalui antarmuka yang ramah pengguna dan dengan cara tunjuk dan klik. Untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan SAS OnDemand for Academics silahkan klik di SINI, untuk mengetahui fakta penting mengenai layanan ini klik di SINI, dan untuk mengetahui fitur produk ini secara ringkas klik di SINI. Untuk dapat menggunakan layanan SAS OnDemand for Academics, Anda diharuskan untuk terlebih dahulu mendaftar di SINI. Kemudian silahkan melakukan login di SINI.


SAS merupakan kumpulan program untuk berbagai kebutuhan, di antaranya untuk melakukan analisis data. Untuk tujuan tersebut, program SAS yang digunakan adalah program SAS/STAT dengan versi paling mutakhir saat ini SAS/STAT 9.3. Program SAS untuk keperluan lainnya adalah:
Silahkan klik tautan di atas untuk mengetahui kegunaan program masing-masing. Tapi perlu dicatat bahwa untuk melakukan analisis data, tidak perlu harus digunakan seluruh program tersebut.

SAS/STAT berbeda dengan program aplikasi statistik lainnya dalam banyak hal. Pertama, SAS/STAT tidak dijual sebagai paket program seperti misalnya program aplikasi statistika lainnya, melainkan disediakan dalam bentuk lisensi. Kedua, penggunaan SAS/STAT memerlukan keterampilan pemrograman dengan menggunakan bahasa SAS. Meskipun SAS/STAT versi-versi terakhir telah berbasis Windows, jangan pernah membayangkan bahwa SAS/STAT dapat digunakan cukup dengan menunjuk dan mengklik ikon sebagaimana penggunaan program aplikasi berbasis Windows pada umumnya. Hal ini memungkinkan SAS/STAT mempunyai kelebihan daripada program aplikasi sejenis lain. Dalam SAS/STAT, pengguna menuliskan perintah untuk dikerjakan oleh SAS/STAT, sedangkan dalam program aplikasi sejenis lainnya pengguna harus tunduk pada ikon yang disediakan di layar. Hal ini memungkinkan penggunaan SAS/STAT dapat diseasuikan dengan kebutuhan pengguna. Kelemahannya adalah, tentu saja, pengguna harus belajar menggunakan bahasa SAS.

Untuk memulai belajar Bahasa SAS, jurusan peternakan di kampus tempat saya menempuh pendidikan S2 menyediakan layanan pengantar Bahasa SAS, silahkan klik di SINI. Untuk belajar Bahasa SAS lebih lanjut, silahkan klik di SINI untuk versi 9.1.3 dan di SINI untuk versi 9.2.0. Contoh layar antarmuka SAS/STAT adalah sebagaimana gambar berikut ini:
Perhatikan bahwa layar tampak dibagi dua, sebelah kiri untuk menampilkan program dan sebelah kanan untuk menampilkan log setelah program dijalankan. Bahasa SAS perlu terlebih dahulu dipelajari dengan baik sebagai dasar untuk mempelajari penggunaan SAS/STAT. Setelah memahami dasar-dasar Bahasa SAS, silahkan lanjutkan belajar SAS/STAT di SINI atau mengunduh buku panduan di SINI. Untuk memperoleh contoh program SAS, silahkan klik di SINI.

Saya menayangkan tulisan singkat ini karena ada mahasiswa yang bertanya mengenai penggunaan SAS untuk penyusunan skripsi. Katanya, menurut dosen pembimbingnya, datanya hanya dapat dianalisis dengan SAS (maksudnya mungkin SAS/STAT). Saya sendiri tidak pernah merekomendasikan mahasiswa S1 menggunakan SAS sebab bila demikian saya akan menjadi capai sendiri harus mengajarkannya. Mengapa saya harus mengajarkannya? Karena matajkuliah statistika, perancangan percobaa~, metode penelitian, dan matakuliah sejenis di fakultas tempat saya bekerja tidak mengajarkan penggunaan perangkat aplikasi statistka apapun. Matakuliah tersebut, maaf, masih diajarkan dengan bantuan kalkulator. Mengapa tidak diajarkan penggunaan perangkat aplikasi statistika? Karena universitas baru mampu membangun gedung, belum mampu mengisi gedung dengan perangkat aplikasi statistika, lebih-lebih SAS yang lisensinya harus dibayar setiap tahun. Apakah lisensi SAS lebih mahal daripada biaya membangun gedung? Jangan tanya saya, tanya saja yang bisa membangun gedung tetapi tidak bisa menyediakan layanan program aplikasi statistika kepada mahasiswanya. Selamat belajar SAS/STAT, tetapi ingat, statistika dalam penelitian hanyalah alat, jangan sampai alat mendiktekan tujuan tetapi tujuan yang harus menentukan alat apa yang perlu digunakan.

5 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites