Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 01 Maret 2012

Kuliah Teknik Penelitian Hama dan Penyakit Tumbuhan Semester Genap Tahun 2011/2012

Selamat datang para mahasiswa perserta kuliah Teknik Penelitian Hama dan Penyakit Tumbuhan Semester Genap Tahun 2011/2012. Sesuai dengan jadwal perkuliah terakhir, kuliah dijadwalkan pada setiap hari Jumat pukul 08.00 di Ruang C3 dan praktikum pada setiap hari Jumat pukul 14.00 di Ruang B2. Sehubungan dengan jadwal perkuliahan ini, pertama, perlu disampaikan bahwa mahasiswa harus sudah berada di ruang kuliah tepat pada jam yang telah ditetapkan. Ini penting karena sebagai mahasiswa Global Oriented University, Anda perlu memulai menerapkan visi universitas yang mahahebat ini dengan mengenal apa yang namanya tepat waktu (on time). Tepat waktu merupakan nilai global yang perlu Anda latih pada diri Anda sendiri sebab bila tidak, Anda hanyalah mahasiswa gombal. Kedua, untuk mengefektifkan pelaksanaan perkuliahan, jadwal kuliah dan praktikum dapat diubah melalui kesepakatan bersama.


Mengingat matakuliah ini merupakan matakuliah yang tidak akan diajarkan lagi seiring dengan dibubarkannya PS IHPT maka untuk mempercepat penyelesaian, kuliah dan praktikum akan dilaksanakan secara terintegrasi melalui penyusunan proposal penelitian skripsi. Setiap mahasiswa harus mengajukan masalah penelitian kepada dosen pengasuh untuk kemudian dibahas secara bertahap dalam proses perkuliahan. Pembahasan akan dimulai dengan pengajuan, pembatasan, dan perumusan masalah, perumusan tujuan dan manfaat penelitian, penyusunan tinjauan pustaka, penyusunan metode penelitian, peulisan hasil dan pembahasan, penulisan kesimpulan dan saran, serta pembahasan berbagai aspek teknis pendukung lainnya. Untuk membantu mempercepat kelulusan mahasiswa PS IHPT yang masih tersisa, matakuliah ini terbuka bagi mahasiswa yang telah lulus tetapi belum menyusun skripsi untuk mengikuti kuliah ini sebagai peserta kuliah tanpa mengikuti ujian (sit in).

Untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan, disediakan blog Sumberdaya Skripsi ini. Sesuai dengan namanya, blog ini memuat tayangan seputar permasalahan pelaksanaan penelitian dan penyusunan skripsi dan tautan (link) ke berbagai sumber untuk memperoleh dukungan kepustakaan, program komputer gratis, layanan analisis data, layanan penyimpanan data online, dan sebagainya. Untuk menggunakan sumberdaya skripsi ini, mahasiswa peserta kuliah maupun mahasiswa sit in, diharuskan mendaftar melalui gadget Mari Bergabung dengan mengklik Join this site. Sebelum bergabung, Anda harus terlebih dahulu mempunyai akun email maupun akun media sosial semacam Facebook, Twitter, LinkedIn, dsb., dengan profil yang disertai dengan foto. Selanjutnya, silahkan Anda bergabung dengan menggunakan salah satu dari akun yang Anda miliki. Selanjutnya, setelah bergabung Anda dapat mendiskusikan masalah penelitian skripsi Anda dengan dosen pengasuh melalui email dengan mengklik menu Hubungi Kami.

Sebagaimana telah disampaikan, kuliah ini akan dilaksanakan secara terintegrasi antara perkuliahan tatap muka, pengerjaan tugas, dan pelaksanaan praktikum. Untuk mempersiapkan diri Anda, silahkan klik tautan yang disediakan pada gadget Tekpen HPT untuk mengetahui jadwal pengumpulan tugas dan jadwal pengumpulan laporan praktikum. Seluruh mahasiswa peserta kuliah, baik yang memprogramkan maupun yang sit in, harus mengumpulkan tugas dan laporan praktikum sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Tugas dan laporan tersebut pada dasarnya dapat Anda gunakan sebagai proposal skripsi untuk kemudian, nantinya, Anda konsultasikan dengan pembimbing skripsi masing-masing.

Sesuai dengan hasil rapat dosen Minat Perlindungan Tanaman (sebelumnya PS IHPT), dosen dan mahasiswa perlindungan tanaman dihimbau untuk memfokuskan penelitian pada permasalahan perlindungan tanaman pangan lokal. Jenis-jenis tanaman pangan lokal yang terdapat di NTT sangat banyak, di antaranya adalah padi ladang, jagung, sorgum, pisang, kacang nasi, kacang hijau, kacang turis, ubi jalar, ubi kayu, kecipir, keladi/talas, uwi, dan sebagainya. Jenis tanaman ini belum banyak diteliti permasalahan hama dan penyakitnya sehingga terbuka bagi Anda semua untuk menelitinya sebagai skripsi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites