Selamat Datang

Terima kasih Anda sudah berkenan berkunjung. Blog ini dibuat untuk membantu mahasiswa yang sedang saya bimbing menyusun proposal penelitian dan menyusun skripsi. Meskipun demikian, blog ini terbuka bagi siapa saja yang berkenan memanfaatkan. Agar bisa melakukan perbaikan, saya sangat mengharapkan Anda menyampaikan komentar di bawah tulisan yang Anda baca. Selamat berselancar, silahkan klik Daftar Isi untuk memudahkan Anda menavigasi blog ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 04 Desember 2012

Selamat Jalan: Angelinus Warta Kusuma

Kemarin, saya menerima pesan email terakhir dari seorang mahasiswa bimbingan skripsi: Angelinus Warta Kusuma. Tadi pagi saya memperbaiki slide presentasi PowerPoint untuk seminar skripsinya dan langsung mengirimkannya kembali dengan beberapa saran perbaikan. Sebelumnya, saya sudah menyetujui skripsinya setelah dia melakukan beberapa kali perbaikan. Tadi sore, saya mendapat pesan singkat dari Ketua Minat Perlindungan Tanaman, "Pak Wayan, berita duka, Angelinus meninggal kecelakaan, sekarang di RS Bhayangkara". Kaki saya lemas seketika. Saya langsung menelpon kembali untuk mengkonfirmasi, lalu mendatangi rumah sakit. Dan memang benar, Angelinus Warta Kusuma sudah meninggal dunia.


Angelinus memang bukan mahasiswa yang hebat secara akademis. Saya harus membimbingnya benar-benar dari awal, mulai dari bagaimana membuat kalimat, meletakkan tanda baca dengan benar. Belum lagi bagaimmana melakukan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Saya sering memarahi dia, tetapi semuanya saya lakukan supaya dia bisa menjadi sarjana yang bukan hanya membanggakan gelar akademik. Dan dia, meskipun saya marahi, selalu datang dengan tersenyum dan dengan kata-kata sederhana tetapi sulit diucapkan banyak orang, "Maaf Bapa, saya akan perbaiki". Dan dia memang memperbaiki, tetapi sebagaimana masiswa masa kini pada umumnya, dia memperbaiki sebatas yang sempat saya koreksi. Hal-hal yang terlewatkan, meskipun kesalahannya sama, tidak dia perbaiki. Ini yang membuat saya sering memarahi dia, tetapi dia selalu membalas dengan mengatakan, "Maaf Bapa, saya akan perbaiki". Dan saya sangat menghargai kegigihan usahanya itu, sampai skripsinya menjadi layak uji.

EVALUASI PENGGUNAAN BUBUR KALIFORNIA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT DIPLODIA PADA TANAMAN JERUK KEPROK SOE DI...

Dia pun sudah menyiapkan slide PowerPoint untuk melaksanakan seminar skripsi. Seperti dalam menulis skripsi, saya benar-benar harus menuntun dia bagaimana menyiapkan slide PowerPoint, sampai menjadi slide final yang layak digunakan untuk melakukan presentasi.

Tapi Angelinus telah meninggalkan kita begitu mendadak, dia pergi meninggalkan kita semua pada saat-saat terakhir dia menyelesaikan seminar dan ujian skripsinya. Dia belum sempat menjawab pesan email terakhir saya untuk dia, memperbaiki slide PowerPoint yang akan dia gunakan untuk melakukan presentasi. Dia telah meninggalkan kita kini. Selamat jalan Angelinus....

1 komentar:

kita hidup didunia hanya untuk sementara...
kisah hidup dari ka Angelinus Warta Kusuma dapat kita pelajari bahwa ingin meraih kesuksesan itu perlu semangat dan kegigihan untuk mendapatkannya...
saya yakin ka disana tersenyum bahagia.....

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar pada kotak di bawah ini.

Bila Anda perlu membuat deskripsi tanaman sebagai bagian dari penyusunan proposal penelitian atau skripsi, kunjungi blog Tanaman Kampung atau Tumbuhan Bali, mudah-mudahan bisa membantu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites